728x90 AdSpace

23 Februari 2016

Bangga Jadi Guru Berkarakter

Oleh: Benning Rizahra*)

*) Penulis adalah
- Sarjana Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris UNIKU
- Peserta Guru Program Sekolah Literasi SGI (sekolah berbasis masyarakat) (wakil Kuningan sebagai konsultan, menjadi guru model, membuat kelas model)
-  Tengah bertugas di Kampung Gunung Putri Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur


Suarakuningan.com - Dunia memiliki profesi yang sangat banyak. Setiap orang berhak menjadi apapun sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari dokter, Pegawai Negri Sipil, pengacara, hakim, guru, aktris dan banyak lagi lainnya. Sangat banyak pilihan yang dapat dijadikan profesi.

Profesi apapun yang diemban harus memiliki kompetensi dibidangnya. Salah satu cara untuk memiliki kompetensi dari apa yang akan kita jadikan sebagai profesi yaitu dengan mengenyam pendidikan di jurusan yang sesuai dengan keinginan profesi.

Zaman sekarang tidak sedikit yang menjadikan profesi namun tidak sesuai dengan keilmuan yang dimiliki. Hal tersebut sah saja apabila ilmu yang dimiliki memumpuni dengan profesi yang dijalankan. Namun akan lebih baik apabila profesi  sama dengan keilmuan yang dimiliki, karena ilmu yang kita miliki dapat bermanfaat dan diamalkan.

Dari banyaknya profesi yang ada, semuanya memiliki tujuan yang baik. Salah satunya guru. Guru merupakan profesi dalam bidang pendidikan. Guru yang membantu negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dari segi pendidikan.

Guru yang baik adalah guru yang memiliki kompetensi guru dimana mereka mampu mengajar dan mendidik. Diluar itu semua guru juga harus berdedi kasih tinggi terhadap pendidikan, karena guru memiliki tugas yang berat dimana mereka harus mencetak generasi bangsa yang memiliki kemampuan untuk menjadi generasi bangsa yang baik yang nantinya dapat menjaga dan memimpin Indonesia.

Guru ada tiga tipe yaitu guru bayar, guru nyasar, dan guru sadar. Guru bayar merupakan guru yang menjadikannya hanya karena dibayar dan mementingkan bayaran. Guru nyasar adalah guru yang memilih profesi guru karena terbawa oleh orang lain atau keluarga dan karena tidak ada lagi profesi lain yang tersedia. Sedangkan guru sadar yaitu guru yang menyadari tugas dari profesinya dan menjalankannya karena menyadari bahwa tugas mendidik adalah tugas setiap orang.

Guru yang berkarakter sangat mendukung semua tugasnya dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Karakter yang dimiliki guru seperti guru yang akan selalu tegas terhadap murid-muridnya, guru yang memiliki kasih sayang dalam mendidik, guru yang selalu berlaku adil, dan juga guru yang akan selalu sadar dirinya merupakan seorang guru dengan segala tugasnya.

Menjadi guru berkarakter adalah sebuah kebanggaan karena berkarakter adalah memiliki ciri khas yang akan selalu seperti itu. Ketika karakter yang ada pada diri guru baik, maka akan sangat bermanfaat dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Bangga Jadi Guru Berkarakter Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan