728x90 AdSpace

18 Februari 2016

Berbakal Pengalaman Jadi Kuwu Darma, Lurah Yadi Bangun Citangtu

Suarakuningan.com - "Pengalaman adalah guru yang terbaik" akan menjadi hikmah dan berguna bila memang dimanfaatkan.

Yadi Juharyadi, Lurah Citangtu Kec. Kuningan membuktikan hal itu. Berkat pengalamannya menjadi Kuwu Darma, maka saat dipercaya menjadi Lurah Citangtu, Yadi menuangkan pengalamannya di wilayah kerjanya.

"Dulu Desa Darma hanya seluas 50 Ha, sekarang tidak tanggung, cakupan Kelurahan Citangtu seluas 500 ha. Benar-benar membutuhkan etos kerja tinggi untuk membangun di wilayah ini," ungkap Yadi di Kantornya, Kamis (18/02).

"Ada yang saya syukuri, saya anggap sebagai berkah. Baik di Desa Darma dulu dan sekarang di Kelurahan Citangtu saya bertemu masyarakat yang memiliki tingkat kepedulian yang tinggi," kisahnya.

Yadi mengungkapkan, "beberapa waktu lalu dalam rangka penataan dan pembenahan Ruas Jalan Jalur Citangtu - Warujimun (Obyek Wisata Paralayang), tak kurang 700 orang warga kompak ikut serta dalam kegiatan kerjabakti tersebut."

"Kekompakan masyarakat Citangtu ini bukan sekarang saja, tapi sejak lama. Bahkan masyarakat, khususnya Dusun Wangun telah puluhan tahun memiliki "rereongan warga" yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," jelasnya.

"Selain prasarana dan fasilitas masyarakat, saya juga berusaha mengangkat produk-produk UKM, diantaranya ada tolombong (wadah dari anyaman bambu), beragam buah-buahan, juga keinginan mengangkat aset-aset budaya dans eni yang cukup banyak terdapat di Citangtu. Diantaranya sanggar seni Angklung yang telah mendunia. Beberapa tokoh kesenian seperti Mang Kucit (pencipta angklung diatone) juga satu legendaris kesenian di Kuningan, Mang Dadang Terompet, dll," paparnya.

"Baru-baru ini Institut Seni Budaya Indonesia Bandung berkunjung pada "Helaran" Citangtu. Perwakilan dari 11 negara ikut pada rombongan, diantaranya dari India, Pakistan dan Kanada. Hal ini menjadi bukti di daerah Citangtu kesenian menjadi sorotan di dunia kesenian luar Kuningan sekalipun," Yadi mengakhiri.(Dan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Berbakal Pengalaman Jadi Kuwu Darma, Lurah Yadi Bangun Citangtu Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan