728x90 AdSpace

18 Februari 2016

UNIKU Siap Akselerasi Kompetensi dan Profesionalisme Guru

Suarakuningan.com - Menjadi keniscayaan bagi setiap pendidik untuk terus meningkatkan kapasitasnya guna memenuhi berbagai tuntutan profesionalisme dan karir baik di masa kini dan masa depan. Dengan melanjutkan studi ke jenjang Pasca Sarjana, membuka peluang bagi pendidik untuk mengembangkan kompetansi profesionalisme dan karirnya.

Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Kuningan Dr. Hj. Anna Fitri Hindriana, M.Si. mengungkapkan tekadnya untuk mengakselerasi kompetensi dan profesionalisme guru khususnya di wilayah Ciayumajakuning.

“Banyak manfaat yang bisa dipetik oleh para pendidik dengan mengikuti Program Pasca Sarjana, antara lain guru bisa meningkatkan wawasan pedagogis, penguasaan disiplin keilmuan baik secara teoretik maupun praktik (metodologis), serta mampu mengembangkan kemampuan  berfikir kritis,” tutur Anna ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (18/02).

Anna menjelaskan, dengan melanjutkan studi ke pascasrajana, guru telah membuka akses untuk bagi pengetahuan baru, memperkaya khazanah intelektual, serta  mengilhami mereka untuk tetap berkarya dan berkreatifitas.

“Guru harus tetap berkarya dan berkreatifitas.Di tangan gurulah anak-anak negeri ini dipertaruhkan. Karena itu, sudah selayaknya, sebagai bangsa kita harus memberikan peluang seluas-luasnya bagi guru untuk mengembangkan profesionalismenya sehingga sejajar dengan profesi terhormat lainnya,” ujarnya.

Selain itu, papar Anna, dengan melanjutkan studi ke jenjang S2, guru bisa mengembangkan alternatif karir, menjadi pelopor pendidik yang progresif dan bisa membangun jejaring (network) yang luas.

“Dalam konteks pengembangan karir, melanjutkan studi S2 akan memberi manfaat yang besar bagi guru. Antara lain mengantisipasi kebijakan pemerintah yang boleh jadi mewajibkan seluruh guru harus berkualifikasi S2, serta membuka peluang alternatif karir baru bagi guru serta menjadi mendorong mereka menjadi guru yang progresif dan berjejaring luas,” paparnya.

Oleh karena itu, Anna menuturkan, Program Pasca Sarjana Universitas Kuningan dengan dua Program Studi Unggulannya (S2 Pendidikan Ekonomi dan S2 Pendidikan Biologi) yang terakreditasi B oleh BAN PT, membuka  kesempatan seluas-luasnya untuk mewujudkan impian para pendidik. Ke depan, pascasarjana UNIKU juga berencana akan membuka program studi baru yang dibutuhkan.

“Kepercayaan masyarakat (public trust) dan pemerintah yang makin tinggi kepada Pasca Sarjana Universitas Kuningan, meyakinkan kami untuk menghantarkan para guru menjadi pendidik yang profesional,” harapnya.(asepsupriadi/UNIKU/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: UNIKU Siap Akselerasi Kompetensi dan Profesionalisme Guru Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan