728x90 AdSpace

13 Maret 2016

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan Bentuk Perpustakaan Jalanan

SuaraKuningan.com - Suasana Car Free Day (CFD) pekan ini berbeda dari biasanya,  sekelompok anak muda sedang  asyik membaca dan berdiskusi ditrotoar jalan. Mereka menyulap trotoar menjadi perpustakan jalanan Minggu (13/03). Gagasan ini muncul berawal dari komunitas baca yang ada di STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut Abdul Mukti selaku kordinator menjelaskan bahwa Persputakaan jalanan ini dibentuk sebagai tempat berbagi inspirasi, menebar manfaat dan menumbuhkan kembali budaya membaca. Mukti sangat prihatin dengan rendahnya minat membaca dimasyarakat.. 

Merujuk pada hasil survei United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2011, indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1000 penduduk yang masih ‘mau’ membaca buku secara serius (tinggi). Kondisi ini menempatkan Indonesia pada posisi 124 dari 187 negara dalam penilaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Untuk itu kita perlu bersinergi dalam membangun negeri karena sebuah kebaikan tidak cukup jika hanya terorganisir tetapi harus saling berkolaborasi,” ungkap Mukti.

Harun, salah satu anggota perpustakaan jalanan  juga ikut menambahkan, “diamnya mahasiswa adalah membaca dan bergeraknya mahasiswa dengan berkarya.”

Perpustakaan jalanan ini sebagai wujud kecintaan mahasiswa  STKIP Muhammadiyah  terhadap Kabupaten kuningan, pemerintah sudah banyak membangun taman dengan biaya yang tidak sedikit.

Tentu kita sebagai anak muda kuningan harus memanfaatkannya dengan baik,  sehingga taman tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi tetapi juga bisa menambah wawasan dengan membaca. Mari Bergerak ! Donasi kan buku anda dan bergabunglah bersama kami.  CP : O83824449018 (Abdul Mukti).(STKIP-Muhamadiyah/Rilis/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. bagi kalian yang ingin menambah wawasan, pengetahuan, mencari referensi penulisan ilmiah maupun skripsi bisa mengunjunggi website http://library.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan Bentuk Perpustakaan Jalanan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan