728x90 AdSpace

16 Maret 2016

Pasca Rehabilitasi Narkoba Berbasis Konservasi Alam

SuaraKuningan.com - Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BNN berpedoman pada empat pilar utama yaitu Pencegahan, Pemberdayaan Masyarakat , Pemberantasan, dan Rehabilitasi.

Berbeda dengan ketiga pilar lainnya yang berfokus pada pencegahan penyalahgunaan narkoba, fungsi rehabilitasi ada dimaksudkan untuk mengobati dan memulihkan mereka yang sudah terlanjur terjerat pada barang haram ini. Fungsi rehabilitasi ini cukup penting mengingat di Indonesia sudah terdapat 5 juta orang penyalahguna dan pecandu narkoba.

Sehubungan hal tersebut, BNN mendirikan balai rehabilitasi dan bekerjasama dengan komponen masyarakat melalui rumah damping dalam rangka membantu pemulihan para pecandu narkoba.

Salah satu rumah damping yang diajak  bekerjasama dengan BNN adalah Rumah Dampingan Tenjo Laut Kabupaten Kuningan yang berlokasi di Blok Tenjo Laut Desa Babakanmulya. Di Rumah Tenjo Laut Kabupaten  Kuningan ini menangani fungsi rehabilitasi dan pasca rehabilitasi secara sekaligus, dimana setiap periode diisi oleh residen rehabilitasi sekitar 20 orang setiap dua bulan dan residen pascarehabilitasi setiap tiga bulan.

Di dalam Rumah Dampingan, Residen diajarkan tentang Vokasional dan berbagai macam keterampilan. Selain kegiatan di Rumah Dampingan juga mempunyai program yang berbasis Konservasi alam. Disana mereka diberikan pelatihan tentang menjaga hutan bercocok tanam, membudidayakan hasil tanaman produktif.

Di lahan seluas tiga hektar disekitar rumah damping Tenjo Laut ditanami sekitar 3000 pohon sirsak, 1000 pohon pisang, 2500 pohon papaya California, dan 1500 pohon produktif lainnya. Selain itu pula, program yang sudah berjalan sejak 26 Februari lalu juga ditanami tanaman tumpang sari seperti cabai, tomat, dan sebagainya.

Program kegiatan Pasca Rehabilitasi ini diadakan untuk menekan angka Relapse dan mempertahankan nilai-nilai yang telah di berikan selama Rehabilitasi primer serta memberikan pembekalan Vocasional dan juga mencarikan peluang kerja dengan dibantu oleh petugas Rumah Tenjo Laut serta menghasilkan tenega produktif yang tangguh dalam menempuh masa Re-Integrasi kemasyarakatan agar menjadi anggota masyarakat yang sehat dan produktif. (NK/BNN/Rilis/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pasca Rehabilitasi Narkoba Berbasis Konservasi Alam Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan