728x90 AdSpace

23 April 2016

Guru MI Al-Ikhlas Adakan Bedah Buku



Suarakuningan.com - Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa melalui Sekolah Guru Indonesia menyebar para Guru Kosultan ke berbagai daerah di Indonesia salah satunya di Cianjur untuk program Sekolah Literasi Indonesia. Guru Konsultan Benning Rizahra sudah berada di daerah penempatan kurang lebih selama 3 bulan. Sekolah yang menjadi tempatnya mengabdikan diri sebagai Guru Konsultan yaitu di MI Al-Ikhlas, tepatnya di kampung Gunung Putri Desa Sukatani Kecamatan Pacet kabupaten Cianjur.

Banyak program yang harus dilaksanakan agar terwujudnya sekolah literasi. Dimana sekolah tersebut harus menerapkan budaya literasi disegala aspek, baik itu dari murid yang harus lebih menyenangi membaca, menulis, dan berhitung, juga guru-gurunya juga meningkatkan budaya literasinya.

Seperti halnya yang dilaksanakan hari ini oleh para guru MI Al-Ikhlas dalam pembiasaan literasi bagi dirinya sebagai guru, yaitu dengan melaksanakan Book Sharing atau yang lebih dikenal dengan bedah buku.

Pemateri kali ini yaitu ibu Meita Damayanti, S.Pd. yang membedah buku dengan judul Kelana Guru 2 Musim yang merupakan pengalaman-pengalaman para relawan Sekolah Guru Indonesia selama berada di penempatan.

Ibu Meita menjelaskan beberapa permasalahan yang para relawan SGI ini hadapi beserta solusi yang dihadirkan dalam buku tersebut. “Sehingga ketika guru disini memiliki masalah yang sama dapat mencoba menggunakan solusi yang sama,” Meita menjelaskan.

Selain membedah buku, hari ini Benning juga membentuk Small Learning Community (SLC) yang nantinya akan memfasilitasi baik dari jadwal dan tempat untuk kembali melaksanakan bedah buku.

Semoga kegiatan ini bisa berlanjut, sehingga walaupun kita tidak baca buku itu, namun kita jadi mengetahui intisarinya karena berbagi,” tambah Benning. (Liputan Guru SGI Kuningan di Cianjur/Rilis/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Guru MI Al-Ikhlas Adakan Bedah Buku Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan