728x90 AdSpace

19 April 2016

Program Usaha MaPAN Tidak Sekedar Menghadapi MEA





Suarakuningan.com - Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) belakangan menjadi pembahasan yang menakutkan, dikarenakan terbukanya kompetisi dalam bidang ekonomi antar masyarakat yang ada di ASEAN. MEA yang sejak Januari 2016 sudah diberlakukan di Indonesia, menjadi PR bersama dalam menghadapi efek dari itu. Semua sektor penting dalam tatanan negara kita sibuk menyusun program-program strategis guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar unggul dan dapat bersaing.

Mulai dari Perguruan Tinggi, Pemangku Kebijakan, dan semua kalangan saling mensosialisasikan gerakan masyarakat berwirausaha. Gerakan yang diharapkan dapat menghasilkan produk-produk unggulan putra bangsa, ini menjadi referensi bahwa generasi hari ini harus berwirausaha. 

Hal ini juga menjadi perhatian serius di Kabupaten Kuningan. Mulai dari tingkat Mahasiswa, Pemuda, Masyarakat pada umumnya sudah menyadari betapa pentingnya berwirausaha. Berwirausa tidak hanya sekedar berusaha, melainkan harus ada keseriusan mulai dari niat dan pelaksanaannya. Dalam hal ini, pemerintah daerah perlu memberikan perhatian lebih untuk mensukseskan pembangunan manusia Kuningan yang berwirausaha.

Peran Partai Politik merupakan variabel penting dalam mensukseskan gerakan berwirausaha di Kabupaten Kuningan. Kedepannya ini akan menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat atas program-program yang dilaksanakan oleh partai politik. Melihat hal itu, partai berlambangkan matahari sudah memulainya lebih dulu. Dengan program Usaha maPAN yang di kerjakan oleh kader-kader partai maupun yang dibina langsung oleh DPD PAN Kabupaten Kuningan melalui kader-kader partainya, ini dapat menjadi referensi yang baik untuk kita semua.

Dibawah kepemimpinan H. Udin Kusnaedi, SE, Partai Amanat Nasional Kabupaten Kuningan star lebih awal dengan program usaha maPAN. Program binaan wirausaha ini bergerak diberbagai bidang. Di bidang pertanian, ubi jalar manohara menjadi primadona yang layak di budidayakan. Selain ubinya yang besar dan tekstur dagingnya yang empuk, ubi jalar manohara juga merupakan ubi asli asal Kuningan. DPD PAN Kabupaten Kuningan sedang melakukan pembinaan usaha budidaya ubi jalar manohara di dua tempat, yaitu di Kecamatan Ciawigebang dan Kecamatan Kramatmulya.

Masih dibidang pertanian, pengembangan usaha Perkebunan maPAN pepaya california binaan DPD PAN Kabupaten Kuningan juga sedang menjadi perhatian penuh dari pihak DPD. Dengan berlokasi di Desa Karangsari Kecamatan Darma usaha perkebunan maPAN ini selain menghasilkan buah pepaya juga menjual bibit pepaya california. 

Selain di bidang pertanian, program binaan usaha maPAN juga bergerak di bidang TI, salah satunya warnet maPAN. Berlokasi di perempatan Desa Sindangkempeng, Kecamatan Pancalang menjadi bukti nyata bahwa internet memang sudah menjadi kebutuhan yang sudah harus ada.

Selanjutnya usaha yang bergerak di bidang kesehatan, Apotek maPAN adalah salah satu contohnya. Berlokasi di simpang Ciporang kota Kuningan ini merupakan binaan dari DPD PAN Kabupaten Kuningan. 

Kesemuaanya merupakan program nyata dari DPD PAN Kabupaten Kuningan, yang kini dipimpin oleh pengusaha dan menularkan jiwa usahanya yang dikemas dengan program-program yang langsung dirasakan konstituen. (Biq’s)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Program Usaha MaPAN Tidak Sekedar Menghadapi MEA Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan