728x90 AdSpace

3 Mei 2016

Kaprodi PBSI Uniku Hadir Dalam Munas III



Suarakuningan.com - Dalam rangka mengoptimalkan tata kelola Program Studi dan meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi ketatnya persaingan dalam Masyarakat  Ekonomi Asia (MEA), Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (APROBSI) meyelenggarakan Musyawarah Nasional III dan Seminar Nasional di Makasar akhir pekan kemarin.

Musyawarah Nasional III dan Seminar Nasional ini bertujuan untuk membantu semua Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dalam upaya mewujudkan kurikulum bersama. Selain itu, dapat membantu semua Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia mencapai targetnya yakni menjadi Program Studi yang mandiri sembari bermitra dalam suasana saling memberdayakan dan mengurangi kompetisi eksklusif.

Kegiatan dengan tema “Memperkukuh Peran APROBSI dalam Mewujudkan Kemitraan dan Pemberdayaan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia” ini berlangsung selama dua hari (Jumat-Sabtu) di Hotel Makasar Golden. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini APROBSI bekerja sama dengan Universitas Negeri Makasar, Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Bosowa, dan Universitas Cokroaminoto Palopo.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus dan anggota APROBSI, dosen, guru, birokrat, dan pemerhati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Asep Jejen Jaelani, M.Pd. sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Kuningan turut menghadiri acara tersebut. Dalam acara tersebut, Jejen hadir sebagai delegasi sekaligus sebagai pemakalah seminar nasional.

Jejen mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, banyak ilmu yang diperoleh untuk mengelola dan mengembangkan Prodi PBSI Uniku yang saat ini ia ketuai. Jejen juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga Universitas Kuningan yang telah memfasilitasinya mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Universitas Kuningan yang telah membiayai semua kegiatan Prodi PBSI dalam acara Musyawarah Nasional III dan Seminar Nasional APROBSI di Makasar”, ucapnya.

Saat menjadi pembicara, Jejen sempat menyampaikan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Unversitas Kuningan baru selesai dilakukan proses reakreditasi oleh BAN-PT dengan hasil “A”. Sementara, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Intan Ahmad, Ph. D. mengatakan bahwa dari sekian banyak Prodi PBSI yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta hanya ada 17 Prodi PBSI yang terakreditasi “A’ dan salah satunya adalah Prodi PBSI Universitas Kuningan.

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar PBSI Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd. mengapresiasi hasil reakreditasi yang diperoleh Prodi PBSI Uniku. Bahkan ia sempat meminta kurikulum Prodi PBSI Uniku dan sharing tentang akreditasi.

“Kalau dekat, pasti kami minta pendampingan akreditasi ke PBSI Uniku”, terang Malabar sambil tersenyum.

Kegiatan tersebut menghasilkan tujuh poin penting yang merupakan hasil kesepakatan bersama, yaitu: membentuk Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), pembinaan akreditasi, pertukaran mahasiswa, kerja sama antar-Prodi PBSI se-Indonesia, penyusunan capaian pembelajaran dan standar nasional PBSI, membentuk badan hukum Asosiasi Prodi PBSI, serta pengembangan dana hibah penelitian dari Asosiasi Prodi PBSI.(Achmad Asikin/UNIKU/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kaprodi PBSI Uniku Hadir Dalam Munas III Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan