728x90 AdSpace

29 November 2017

"Keluarga Besar" Eci "Murai Kuningan" yang Viral Puluhan Ribu Share



suarakuningan.com - Video Eci Murai Kuningan sinden remaja bersuara emas yang viral luar biasa belakang ini di Akun-akun medsos luar kuningan di Jawa Barat menuai pujian. Suara dan aura sinden nya sudah mulai melekat di usianya yang masih duduk di SMA.

Suara emasnya tentu saja tidak didapatnya sekonyong-konyong. Dibalik itu, lelah perjuangannya menjadi catatan. Mulai dari membagi waktu belajar dan aktivitas lain, lalu banyaknya yang mencibir "jalur nyinden" yang dipilihnya, bahkan tekanan pada "keluarga besar" komunitasnya. Tuduhan sesat dan lain sebagainya. Hanya karena keluarga besarnya, Komunitas Saung Indung secara konsisten menjaga warisan Tuhan berupa budaya dan kesenian daerah. 

Penampilan nyunda nya sering dicibir dan disindir. Latihan karinding pun acap dipandang sebelah mata. Meskipun niat komunitas ini hanya menghormati dan memelihara peninggalan warisan "master karinding" Kuningan yang telah diakui di luar daerah dan luar negeri. Para penggiat seni sunda khususnya karinding, mengakui tokoh karinding asal Legokherang, Subang Kuningan sebagai pelestari karinding tertua sejak tahun 60 an.

Komunitas Saung Indung membuktikan ejekan, sindiran dan cibiran dengan membuktikan hasil latihan kerasnya. Kini namanya makin berkibar di kalangan seniman di daerah-daerah di Jawa Barat. (red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: "Keluarga Besar" Eci "Murai Kuningan" yang Viral Puluhan Ribu Share Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan