728x90 AdSpace

25 Desember 2017

Iwan Sonjaya : "Pilkada Kuningan 2018 Rasio Cerdas Head To Head"

suarakuningan.com - Secara umum respon masyarakat terhadap Pilkada Kuningan saat ini masih datar. Jika diibaratkan pertandingan tidak seru dan belum menarik untuk ditonton. Hal ini bisa jadi disebabkan karena masyarakat sudah sangat jenuh dengan kondisi politik yang ada. Demikian diungkapkan Iwan Sonjaya, tokoh masyarakat Kuningan kepada wartawan kemarin (25/12) di sela-sela aktifitasnya di kediaman beliau di Darma.

Menurut Iwan para kandidat seharusnya mencari tahu kenapa respon masyarakat saat ini begitu minim. Selain kejenuhan, mungkin cara pendekatan yang mereka lakukan masih konvensional atau justru karena  para kandidat kurang melakukan sosialisasi ke tingkat bawah, ungkapnya. 

Saat ini menurutnya hanya beberapa figur saja yang layak  diperhitungkan. Kandidat yang gencar melakukan kegiatan sosial dan secara fisik gambarnya bisa ditemui kalau kita bergerak kemana saja di wilayah Kuningan selain petahana, hanya sosok Yosa Octora Santono. Belakangan kemudian muncul gambar figur lainnya seperti dr.Toto dan Duddy Pamuji,dll  tapi jumlahnya tak sebanyak Yosa dan petahana.

Belakangan ini, meski dinamika penantang semakin mengerucut, seperti wacana pasangan Yosa-Agus dan Duddy-Udin bagi Iwan masih sulit untuk memprediksi komposisi pasangan mana yang pasti muncul. Hal ini terjadi karena konstalasi daerah bagaimanapun sangat dipengaruhi konstalasi politik di tingkat atasnya, baik level Jawa Barat maupun pusat yang hingga saat ini dinamikanya sangat tinggi.

Ketika ditanya terkait peluang ‘head to head’ menurut Cawabup Kuningan 2008 ini kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang tak mungkin terjadi. Jika para elit partai bisa bersepakat untuk berhimpun dalam satu kekuatan baru maka peluang untuk menumbangkan rezim status quo akan lebih terbuka lebar.

Bagaimanapun realitasnya, menurut Iwan, PDIP kini sudah menjadi kekuatan petahana cukup fenomenal. Artinya, untuk dilawan biasa-biasa saja nampaknya harus dihitung secara cermat. Dengan logika head to head, dan maka itu merupakan rasio yang cerdas untuk bisa bersaing secara kompetitif.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Iwan Sonjaya : "Pilkada Kuningan 2018 Rasio Cerdas Head To Head" Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan