728x90 AdSpace

27 Desember 2017

Latihan Wawasan Kebangsaan Kodim 0615 Bagi Kepala Desa





suarakuningan.com - Latihan Wasbang Bela Negara tahun 2017 yang diikuti oleh 50 orang Kepala Desa se-Kab Kuningan dibuka Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf. Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM, Rabu (27/12) bertempat di Prima Resort Hotel.

Acara dihadiri Kasdim 0615/Kuningan, Mayor Inf. Riza Taufiq Hasan SIP, Staf Ahli Bupati (H. Dodi Rochmatudin), Kaban Kesbangpol Kab Kuningan (Drs Dadi Hariyadi MSi), Para Danramil jajaran Kodim 0615/Kng, Kasat Intel Polres (Akp Iwan Riswan SH MH), Kapolsek Mandirancan (Akp Setyo Aji), serta Kapolsek Pasawahan (Iptu Nuryana).

Dalam sambutannya Dandim 0615/Kuningan menyampaikan, “Bapak dan ibu di daulat oleh masyarakat menjadi pemimpin di desa tersebut, tentu bukan hal yang mudah menjadi pemimpin akan tetapi bukan hal yang sulit juga terlepas dari latar belakang bapak dan ibu di desa, saat ini bapak dan ibu sudah di percaya oleh masyarakat di desa untuk menjadi kepala mereka dijadikan pemimpinan, pimpinan, panutan oleh seluruh masyarakat yang ada di desa bapak.”

Dandim menambahkan, “Desa adalah bagian dari tumpuan, sendi dari bangsa dan negara, Prototipe negara kita adalah Desa,kalau desa bagus, makmur, mandiri dan swasembada maka kecamatan akan baik, kalau kecamatan mempunyai desa-desa yang unggul dan baik, maka Kabupaten akan baik kalau seluruh kabupaten unggul karena kebaikan di desa-desa nya maka seluruh Provinsi nya baik demikian juga apabila Provinsi nya unggul maka negara dan bangsa akan maju lebih pesat yang kita perkiraan.”

“Tolak ukur pembangunan maju itu dapat menyentuh seluruh masyarakat dan masyarakat itu berada di desa desa, oleh karena itu bapak dan ibu yang hadir disini anda adalah pemeran utama, pemimpin desa pimpinan masyarakat yang ada dalam struktural kepemimpinan dari Presiden, Gubernur,  Bupati, Kecamatan dan Desa,” lanjutnya.

Dandim berpesan, “Apapun yang di bangun negara adalah masyarakat, dan paling menyentuh masyarakat dan yang paling depan adalah kepala desa saya menggaris bawahi Bahwa bapak dan ibu merupakan orang penting, maka negara dalam hal ini khususnya Kab. Kuningan yang di supervisi oleh Kesbangpolinmas memandang perlu dan melanjutkan program dari atas untuk melakukan pelatihan bela negara dalam Hal ini Kesbangpolinmas menggandeng Kodim 0615/Kng untuk melakukan pelatihan Bela Negara.”

Dijelaskannya pula bahwa membela negara bukan semata atau terkait penjajahan, perang dan membela negara adalah membela kedaulatan kita, kedaulatan negara itu dilandasi salah satunya adalah kestabilan pemerintahan, dan pemerintahan itu bukan ada di pusat saja tapi ada di Daerah sampai dengan di Desa-desa. Dan kestabilan Pemerintah tercermin dari majunya Pembangunan, oleh karena itu bela negara bertujuan mempersiapkan masyarakat sebagai alat bela negara, menciptakan kondisi sosial dilingkungan masyatat untuk mendukung Bela negara.” (red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Latihan Wawasan Kebangsaan Kodim 0615 Bagi Kepala Desa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan