728x90 AdSpace

24 Agustus 2018

H. Ade Siap Jadikan Joki Pacuan Kuda Tradisional Jadi Joki Profesional



suarakuningan.com - Sebagai Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Pengcab Kabupaten Kuningan, H. Ade Petruk SH. MBA., memiliki tanggung jawab besar terhadap kemajuan Olahraga berbiaya tinggi tersebut.

Tidak mudah untuk melakukan pembinaan bagi Olahraga yang harus memepersatukan antara manusia dengan hewan sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Ketika di temui @mang_sukun hari Jum'at (24/8) di Kediamannya Lingkungan Lebak Kardin, Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan/Kabupaten Kuningan  H. Ade menjelaskan bahwa di sekitar rumahnya sekarang di jadikan Istal Kuda, ada Sembilan Kuda yang di pelihara dan Tujuh Kuda diantaranya khusus disiapkan untuk Porda yang akan berlangsung pada bulan Oktober di Pangandaran.

H. Ade dalam persiapan menuju Porda XIII tidak main - main seluruh Kuda dan Joki setiap Dua hari sekali di lakukan latihan di Lapang Randu yang jaraknya tidak jauh dari kediamannya, ada Delapan Joki yang sekarang sedang dibina dan semuanya Joki asli kelahiran Kuningan yang berasal dari Joki Pacuan Kuda Tradisional bahkan ada Joki yang saat ini masih duduk di bangku SMP.

Inilah nama - nama Joki yang akan di turunkan pada Porda nanti, Joni, Agung, Akbar, Aldi, Zidni, Ilham, Regi dan Yogi. Sedangkan Kuda yang sekarang sedang terus dilatih adalah ; Dragon Pistol, Saudagar, Mr. Bell, Satria Rabani, Dilak, Asakap dan Gajendra sedangkan Sua Kuda Sandel adalah Putra Agung dan Aradea. Adapun usia Kuda antara 2 - 3 tahun, Kuda - Kuda tersebut di datangkan dari Jateng dan Jatim dengan harga antara Dua Ratus sampai Tiga Ratus Juta Rupiah.

Untuk menjadikan Kuda yang berkualitas pakan juga menjadi bagian  penting yang ikut menentukan kualitas sehingga untuk biaya pakan saja H. Ade setiap bulannya harus merogoh kocek Tujuh sampai Delapan juta rupiah.

Upaya untuk melatih kecepatan kudanya bukan hanya dilakukan di Kuningan saja tapi mengikuti beberapa   even di beberapa daerah seperti di Bantul Yogyakarta, Tanjung Sari Kabupaten Sumedang dan di Kabupaten Bandung dan setiap tampil Alhamdulillah selalu memenangkan pertandingan dengan meraih juara, jadi kalau untu Porda XIII pihaknya akan berusaha keras untuk mendapatkan Medali baik Emas, Perak maupun Perunggu.(Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: H. Ade Siap Jadikan Joki Pacuan Kuda Tradisional Jadi Joki Profesional Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan