728x90 AdSpace

5 Agustus 2018

Satu Dasawarsa Kelana Buana Ralthagan Kawal Situs Purbakala di Kuningan



suarakuningan.com - Budaya masa lalu suatu bangsa yang terekam dalam cerita lisan, tradisi, artefak dan manuskrip dijadikan sebagai warisan yang merupakan bagian tak terpisah dari peradaban masyarakat.

Menggali, memahami masa lalu untuk berkaca dan mendasari apa yang harus dilakukan hari ini untuk melestarikan dan memajukan masyarakat menjadi spirit komunitas Kelana Buana Ralthagan para pengawal situs purbakala dan peninggalan bersejarah di Kabupaten Kuningan.

Satu dasawarsa genap sudah Kelana Buana menjaga, menginventarisir, menggali nilai dan peradaban warisan Tuhan melalui leluhur-leluhur Kuningan berupa situs-situs purbakala.

Sebagai rasa syukur Satu Dasawarsa, kelana buana berulang tahun dengan mengadakan kemah budaya dan bermalam di Obyek Wisata Curug Panglengseran dan Situs Lingga di Desa Sagarahyang Kecamatan Darma, Sabtu dan Minggu (4-5 Agustus).

Kang Dhani, salah satu pengurus Kelana Buana menyampaikan, "Sudah satu dasawarsa Kelana Buana Ralthgan kawal situs Purbakala di Kuningan. Lebih dari 150 situs telah didata dan didokumentasikan oleh kami. Dimilad ke 10 diisi dengan Kemah Budaya yang berisi berbagai hal salah satunya pelatihan iket oleh Barudak Totopong Kuningan (BATOK)  dialog budaya dan terakhir syukuran.

Secara singkat, Ketua Komunitas Kelana Buana, Kentunk "Ki Wulung", menyampaikan harapannya, "Semoga kedepan semakin banyak situs yang terdata hasil dari kita berKELANA BUANA..."

Selain potong tumpeng, fun game, acara diisi Dialog Budaya yang dihadiri para penyuka budaya bahkan dari luar Kuningan. Acara yang sederhana dan dikemas penuh keakraban ini dijadikan ajang reuni para anggota Kelana Buana dengan para pendirinya.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Satu Dasawarsa Kelana Buana Ralthagan Kawal Situs Purbakala di Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan