728x90 AdSpace

1 September 2018

KKN Unisa Gelar Kegiatan Literasi



suarakuningan.com - Kelompok 17 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan (UNISA) sudah berjalan selama hampir 3 Minggu. Kelompok-kelompok mahasiswa tersebut tersebar di 2 kecamatan yakni Cibeureum dan Cibingbin, tidak terkecuali ada yang bertugas di Desa Sumurwiru Kecamatan Cibeureum.

“Menjelang hari-hari perpisahan, kami ingin meninggalkan sesuatu yang berkesan dan memiliki nilai manfaat bagi generasi muda. Untuk itu, saya bersama rekan satu kelompok menggagas untuk menggelar kegiatan literasi.” ujar Asep Karsono, Ketua KKN Desa Sumurwiru, Kecamatan Cibeureum, Sabtu (1/9).

Kegiatan yang dihadiri oleh pelajar tingkat SMP dan SMA menghadirkan Founder Kuningan Perspective Zaka Vikryan. Selain Zaka, hadir pula M. Cucun Mansur selaku Manager Kuningan Perspective. 

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Desa Sumurwiru tersebut berlangsung sejak pukul 16.00 s.d. 17.30 WIB. Kegiatan diawali oleh paparan Cucun mengenai pentingnya penguasaan ilmu komunikasi bagi kaum milenial. Cucun menyampaikan, “penguasaan komunikasi bukan melulu persoalan verbal semata. Banyak bentuk komunikasi lainnya yang harus pula dipelajari, termasuk komunikasi lewat tulisan”.

Masuk sesi kedua, Zaka Vikryan memaparkan pentingnya membaca dan menulis bagi kehidupan yang akan datang. “Menulis itu seperti bercocok tanam. Tidak bisa ujug-ujug. Dalam prosesnya harus serius dan istiqomah.” ujar Zaka Vikryan.

“Bagi saya, kegiatan seperti ini harus rutin digelar demi terwujudnya tingkat literasi yang baik di Kabupaten Kuningan. Lebih penting dari hal itu, perkara bagaimana tindak lanjutnya pun harus dikawal benar. Generasi muda di Kuningan selain dari sisi kognisi harus pula dibangun mentalitalitasnya, bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan kaum muda lainnya yang berasal daerah lainnya.” ujar Zaka. 

Usai acara, Asep menyampaikan bahwa semoga dengan digelarnya kegiatan literasi ini dapat menginspirasi kaum muda Kuningan untuk membaca dan menulis. Hingga akhirnya meraka dapat memberikan sumbangsih bagi Kabupaten Kuningan dalam mencapai cita-cita sebagai Kabupaten Pendidikan.***(Asep/kontributor)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KKN Unisa Gelar Kegiatan Literasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan