728x90 AdSpace

28 Oktober 2018

Artikel: Menjadi Pemuda Indonesia yang Sebenar-benarnya


"Catatan Hari Sumpah Pemuda 2018"

Siapa sih pemuda itu? Kenapa sih seorang pemuda harus bisa menjadi seorang pemimpin? Mungkin itu beberapa dari sekian banyak pertanyaan yang berkaitan tentang pemuda yang sering saya dengar. Berbicara tentang pemuda tentu sudah tidak asing lagi dalam pendengaran kita. Arti pemuda itu sendiri mempunyai arti yang berbeda-beda karena dilihat dari berbagai sudut pandang. 

Jika dilihat dari sudut pandang usia, menurut beberapa sumber, seorang pemuda itu berusia 10-30 tahun. Namun, usia bukan menjadi penentu seseorang bisa dikatakan sebagai seorang pemuda yang sebenar-benarnya.

Sekelompok orang yang sudah mencapai kedewasaan yang memiliki semangat tinggi menegakkan kebenaran, berani bertindak, serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukan itu bisa disebut sebagai seorang pemuda. Dalam Islam, pemuda itu harus memiliki sikap optimis dan teguh pendirian serta konsisten dengan perkataan. 

Tentu menjadi seorang pemuda yang sebenar-benarnya itu tidaklah mudah. Salah satu upaya agar kita bisa mewujudkannya adalah dengan mengikuti organisasi-organisasi kepemudaan sebagai alat untuk pendorong agar lebih peduli dan lebih memperhatikan lingkungan di sekitarnya.

Selanjutnya, seorang pemuda itu harus bisa menjadi seorang pemimpin. Rasulullah SAW pernah memperingatkan dalam sabdanya, "Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya." (HR Bukhari dan Muslim). Seorang pemimpin harus bisa menjadi panutan, seorang pemimpin juga harus benar-benar peduli kepada bangsanya secara menyeluruh.

Jika berbicara tentang pemimpin, tentu kita mengenal Ir. Soekarno yang merupakan seorang pemimpin yang mempunyai semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi persatuan dan kesatuan bangsanya. Seorang pemuda diharapkan bisa mempunyai gaya kepemimpinan seperti Ir. Soekarno.

Ir. Soekarno pernah berkata,"Beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia". Maksudnya adalah masa depan bangsa dan negara itu terletak di tangan para pemuda. Tentu saja pemuda yang dimaksud adalah pemuda yang memiliki sikap semangat tinggi menegakkan kebenaran, berani bertindak, bertanggung jawab atas apa yang dilakukan, optimis serta konsisten dengan perkataan.

Jadi, apakah kamu sudah menjadi seorang pemuda sekarang?

-Riska Hidayanti
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Menjadi Pemuda Indonesia yang Sebenar-benarnya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan