728x90 AdSpace

18 November 2018

Artikel: Manfaat Ilmu


Oleh: Coach Ari (@ari_mohamad_ridwan)
Trainer Muda Kuningan / Trainer Senior Al-Multazam Connector (Amco) / Mahasiswa Semester 3 Magister Manajemen Universitas Kuningan/ Pengasuh Asrama Ponpes Terpadu Al-Multazam Kuningan

"Sebenarnya selain saya, banyak juga yang mendapat ilmu ini tapi sedikit yang diaplikasikan. Ketika sedikit diaplikasikan, sedikit juga manfaatnya. Ketika ilmu tidak bermanfaat, maka tidak bisa dikatakan ilmu." Itulah pesan yang saya tangkap setelah mengikuti workshop selama dua hari di Bogor. Pesan itu seakan-akan membuat diri ini malu karena selama ini baru sedikit yang bisa bermanfaat khususnya bagi orang lain.

Selama ini saya merasa bahwa ilmu yang saya dapatkan minimal bermanfaat buat saya, adapun untuk orang lain nanti saja jika sempat. Dan mindset "nanti saja jika sempat" seakan-akan menjadi penghalang. Kenapa? Karena itu adalah hanya alasan yang akan menciptakan alasan-alasan yang lain. Contohnya, ketika kita punya kesempatan itu kita langsung berdalih, "ya jika saya lakukan sekarang masih banyak orang jadi tidak enakan." Atau dengan alasan, "sepertinya saya belum percaya diri untuk melakukannya." Ya, itulah dampak dari menunda, apalagi menunda mengaplikasikan ilmu yang selama ini didapat. Ilmu yang nanti akan ditanya di akhirat, apakah bermanfaat?

Padahal jika setiap ilmu yang kita dapat bisa memberikan manfaat buat orang banyak, maka ilmu itu bisa menjadi salah satu penyelamat ketika nanti di akhirat. Dan jangan sampai dengan ilmu yang kita dapatkan, malah menjadi penghalang dan pemberat untuk masuk ke dalam surga-Nya yang penuh dengan nikmat.

Jadi, jangan bangga dengan banyaknya ilmu yang Anda dapat tapi bersyukurlah jika setiap ilmu yang kita rapat bisa bermanfaat untuk orang banyak. Dan itulah yang akan membuat kita beruntung. Karena seorang Inspirator pernah berkata,"orang yang beruntung adalah orang yang ketika detak jantungnya berhenti, tapi pahalanya tidak berhenti mengalir kepadanya." Dan salah satu amalan yang pahalanya akan terus mengalir meskipun sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat.

Sekarang coba ingat-ingat ilmu apa saja yang pernah didapatkan dan jika sudah ingat-ingat, segera aplikasikan!!!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Manfaat Ilmu Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan