728x90 AdSpace

28 November 2018

Hari Pangan Sedunia di Kuningan Tegakkan Gerakan Mulangapit

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan BKPD Jawa Barat,
Ir. Lilis Irianingsih, MP. didampingi Bupati Kuningan saat mencicipi produk-produk
olahan pangan lokal pada Puncak Hari Pangan Sedunia, di Pandapa Paramarta.


suarakuningan.com - Beragam produk olahan berbahan baku tumbuhan lokal, seperti puding daun kelor, daun antanan goreng, pastel ubi, brownis ubi ungu, dan puluhan ragam panganan dipamerkan masing-masing perwakilan kecamatan se Kabupaten Kuningan. 

Produk olahan lokal tersebut dipamerkan dan dilombakan pada peringatan Hari Pangan Sedunia yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kuningan (DKPP), Rabu (28/11) bertempat di Lapangan Pandapa Paramarta.

Bertema "Mulangapit" (Mulang ka Pangan Pituin), acara dibuka oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH MH. Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya, bupati mempertegas peningkatan penggunaan produk panganan lokal.

"Pembelian dan konsumsi produk-produk makanan lokal, artinya memberi "multiplier effect" pada peningkatan ekonomi masyarakat. Jadi pengeluaran untuk membeli makanan dari masyarakat Kabupaten Kuningan masuk kembali ke kantong masyarakat Kabupaten Kuningan," papar Acep.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kuningan, DR. Ukas Suharfaputra dalam sambutannya menyajikan program jangka panjang Roadmaps Mulangapit (penggunaan produk panganan lokal) untuk periode lima tahun.


Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan BKPD Jawa Barat, Ir. Lilis Irianingsih, MP. dalam sambutannya menyampaikan keharusan waspada pada produk-produk pangan luar yang masuk di luar pelabuhan resmi di seluruh Indonesia, karena ditengarai banyak produk luar yang tidak layak konsumsi, masuk dengan mudah.

"Buah-buahan import yang awet berminggu-minggu dipastikan mengandung bahan pengawet formalin. Jajanan panganan anak-anak disayangkan banyak mengandung pengawet, dan bahan-bahan kimia berbahaya," ujar Lilis.

Ir. Lilis mengapresiasi Kebijakan Kabupaten Purwakarta yang mengharuskan anak-anak sekolah mulai dari TK hingga sekolah menengah untuk membawa sendiri bekal makanan dari rumah. Di negara maju seperti Amerika, hal ini sudah menjadi kebiasaan.

Pada acara tersebut, diberikan hadiah kepada SKPD dan Kecamatan yang optimal dalam merealisasikan pelaksanaan Perbup nomor 30 Tahun 2017 Tentang Penggunaan Pangan Lokal. Dinas yang mengkonsumsi produk pangan pituin alias produk lokal mendapat hadiah berupa TV. Dinas yang menduduki peringkat pertama adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), lalu Kedua Dinas Perhubungan serta Ketiga Dinas Koperasi dan UKM.

Sedangkan Kecamatan yang meraih penghargaan adalah Kecamatan Cimahi, kemudian Kecamatan Cilimus lalu Kecamatan Mandirancan.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Hari Pangan Sedunia di Kuningan Tegakkan Gerakan Mulangapit Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan