728x90 AdSpace

24 November 2018

Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (9)


Seri Tulisan. “Ketika Hati Harus Memilih (KHHM)” merupakan tulisan bersambung.
Sebelumnya: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (8)

Oleh: Kang Iman
(DR. Iman Subasman (@imansubasman). Pengurus ICMI Kuningan dan Peneliti Puspamdik (Pusat Studi Pengembangan Mutu Pendidikan )

" Andalah, pemilik kebahagiaan itu "

Setiap orang berjuang dengan caranya masing-masing untuk mendapatkan kebahagian dalam hidupnya. Kita tak akan mampu untuk mengetahui secara persis, bagaimana setiap orang itu berjuang mendapatkan kebahagiannya. Semakin kita mengamati, semakin kita tak mendapatkan kesimpulan bagaimana menemukan cara bahagia.

Pendapat banyak mengemukakan, ada cara orang berjuang mendapatkan kebahagiannya dengan cara fisik seperti bekerja, mempertahankan fisik yang tetap baik, membuat karya-karya, berbagi dengan orang lain, belajar dll.Sangat beragam sekali caranya,mungkin kita hanya bisa mengatakan itulah kuasa Sang Pencipta manusia, Zat yang Maha Sempurna menciptakan mahluk yang sempurna berupa manusia.

Dalam masa pencarian kebahagiaan itu, sebagian orang ada juga yang menggantungkan kebahagiaan dirinya pada orang lain, ia seakan tak mampu mendapatkan kebahagiaan jika tidak dibantu oleh orang lain atau tak diberikan oleh orang lain. Dalam kondisi seperti itu, maka muncullah ketergantungan dirinya pada orang lain. Jika sedikit kita mau tafakur, ketergantungan adalah hilangnya kemandirian dan hilangnya kemandirian adalah hilangnya jatidiri.

Sebenarnya yang diinginkan dalam hati kecil ini adalah bahagia dan tetap dengan jadi dirinya sebagai manusia yaitu pengakuan sebagai mahluk. Allah swt sangat mencintai manusia dan untuk itu Ia selalu berikan jalan bahagia kepada manusia. Maka untuk mendapatkan bahagiamu engkau cukup berkata dari lubuk nuranimu " aku ini hambaMu ya Robb, cukupkan aku dengan kebahagian dariMu".***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (9) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan