728x90 AdSpace

5 November 2018

Kuningan Menjadi Tempat Penyelenggaraan Festival Angklung International




suarakuningan.com - Dalam rangka mempertegas kembali bahwa Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Angklung, maka pada tanggal 17 November 2018 Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata RI akan menghelat acara bertaraf Internasional yaitu International Angklung Festival  2018 yang bertempat di gedung bersejarah, Gedung Perundingan Linggarjati.

Kepala Deputi Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata H. Wawan Gunawan dalam rilisnya menyampaikan bahwa acara tersebut akan digelar di Gedung Perundingan Linggarjati sekaligus dalam rangka mengenang kembali makna daripada Perundingan itu sendiri, dimana perundingan tersebut merupakan cikal bakal lahirnya Kemerdekaan RI.

Sekarang perundingan tersebut sudah hampir terlupakan sehingga perlu diadakan promo terkait Perundingan tersebut sekaligus mengangkat Angklung sebagai budaya bangsa. Masih menurut Wawan Gunawan yang juga merupakan dalang Wayang Ajen bahwa angklung dalam cerita jaman dulu sangat disukai oleh Dewi Sri yang merupakan Dewi pengasuh Padi, dengan menampilkan kesenian Angklung diharapakan Panen Padi akan berlimpah.

Sekretaris Kementrian Pariwisata RI,  H. Ukus Kuswara menjelaskan bahwa Angklung adalah identitas bangsa Indonesia untuk itu kita harus terus melestarikannya salah satunya dengan mengadakan International Angklung Festival di Kabupaten Kuningan yang merupakan tempat lahirnnya kesenian Angklung sejak tahun 1938 oleh seniman Daeng Soetigna. 

Warisan Budaya Angklung tersebut sejak tanggal 16 November 2010 telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia sehingga keberadaanya harus mendapat perlindungan dan terus dilestarikan kepada generasi muda.

Dalam acara Pestival tersebut masyarakat juga akan menyaksikan pertunjukan yang merupakan kolaborasi Angklung dengan kesenian Jepang dan Kroasia, bagaiman Rita Tila seniman Indonesia akan berkolaborasi dengan kesenian dari Negeri Sakura tersebut sehingga akan lebih menambah pesona Indonesia di bidang budaya.(Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kuningan Menjadi Tempat Penyelenggaraan Festival Angklung International Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan