728x90 AdSpace

7 November 2018

Pelaksanaan MTQ Ke 46 Tingkat Kecamatan Darma Berlangsung Meriah



suarakuningan.com - Musabaqoh Tilawatil Qur'an bukan hanya kegiatan seremonial tapi harus menjadi implementasi dari kehidupan beragama, karena dengan membaca dan mengamalkan kandungan Al Qur'an maka kehidupan akan berjalan seimbang antara kahidupan dunia dan akherat.

Untuk terus mengembangkan syiar Islam terutama dalam hal baca tulis Al Qur'an setiap  tahun di Kecamatan Darma diadakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dengan mengambil tempat secara bergiliran di 19 desa yang ada di Kecamatan Darma, untuk tahun 2018 giliran Desa Sakerta Timur yang mendapat giliran untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tesebut, acara dilaksanakan pada hari Rabu (7/11) berlangsung cukup meriah dengan dihadiri oleh masyarakat dari 19 Desa beserta Qori dan Qoriah.

Acara diawali dengan pawai Ta'aruf yang pesertanya para Kafilah dari 19 desa bahkan beberapa desa ada yang langsung dipimpin oleh Kepala Desanya.

MTQ ke 46 tingkat Kecamatan Darma dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Maman Hermansyah M. Si., Mewakili Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.MH., yang kebetulan tidak bisa hadir karena ada acara Peringatan Hari Pangan Se Dunia tingkat Provinsi Jawa Barat di Bandung. Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Darma, Didin Bachrudin S. Sos.,M. Si., Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan hadi Danramil Kadugede, Kapolsek Darma, Kepala KUA Kecamatan Darma KH. Uud Fuad, Plt. Kepala UPTD Pendidikan, Amin M. Pd. Para Kepala Desa Se-Kecamatan Darma, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat Desa Sakerta Timur. 

Dalam MTQ yang berlangsung selama 1 hari tersebut melombakan Dua nomor yaitu Hafidz Qur'an Juz 30 dan Tilwah Dewasa dan Anak, menurut ketua penyelenggara Drs. Ebor Sobari pelaksanaan MTQ yang tiap tahun dilaksanakan maka setiap desa hanya akan kabagian jadwal setiap 19 tahun sekali untuk itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Sakerta Timur dan seluruh perangkat beserta masyarakatnya yang telah berjibaku mendukung kegiatan ini sehingga berjalan sukses.

Camat Darma Didin Bahrudin S. Sos. M. Si., Dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTQ tersebut diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan Qori dan Qoriah yang akan tampil pada MTQ tingkat Kabupaten Kuningan ahir bulan November ini di Kecamatan Japara, untuk itu Camat meminta agar seluruh juri bekerja secara profesional sehingga akan menghasilkan Qori yang benar - benar siap tanding dan diharapkan menang sehingga akan mengharumkan nama Kecamatan Darma.

Di tempat yang sama Bupati Kuningan dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Asisten I Setda Drs. H

Maman Hermansyah M. Si., menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh panitia dan peserta yang ikut dalam kegiatan ini, wabil khusus kepada Kepala Desa Sakerta Timur selaku tuan rumah yang telah memberikan pasilitas untuk suksesnya penyelenggaraan acara ini. Bupati juga menegaskan agar MTQ jangan hanya gebyar di seremonial saja tapi harus benar - benar di pedomani dan diamalkan dalam kehidupan sehari - hari, semua ketentuan dan petunjuk jalan kehidupan ada di dalam kandungan Al Qur'an. Setelah selesai memberikan sambutan, Bupati membuka secara resmi kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara. (Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pelaksanaan MTQ Ke 46 Tingkat Kecamatan Darma Berlangsung Meriah Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan