728x90 AdSpace

12 Desember 2018

SMKN 1 Luragung Kembali Raih Juara 1 Festival Film Dokumenter Anugerah Atikan Jabar 2018




suarakuningan.com - Melalui film dokumenter Cingcowong Bilguna Bilamana, SMK N 1 Luragung dalam hal ini Ekskul Bonti Cinematografi meraih penghargaan tertinggi sebagai film pendek dokumenter terbaik dalam Festival Film Pendek Dokumenter Anugerah ATIKAN ( Karya Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan ) yang diselenggarakan oleh Balai Tikomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 

Sebelumnya dari 56 judul film yang masuk ke panitia, Film Cingcowong Bilguna Bilamana masuk ke Grand Final tanggal 10-12 Desember 2018 di Hotel Pesona Bamboe Lembang. Setelah melewati proses penjurian yang sangat ketat akhirnya SMKN 1 Luragung keluar sebagai Juara pertama disusul oleh SMAN 1 Garut dan SMAN 6 Bandung keluar sebagai juara ketiga. 

SMK N Luragung diwakili oleh Pimpinan Produksi Film Cingcowong Bilguna Bilamana Hiqmal Alamsyah Hadikusuma menerima trophy, Laptop dan uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000,- yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhnlul Ulum, SE

Cingcowong Bilguna Bilamana adapah sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang ritual di desa Luragung Landeuh.  Ritual ini bertujuan untuk memanggil hujan  dan merupakan  Aki Nata, tapi ritual tersebut sudah jarang dilakukan karena sangat bertentangan dengan agama Islam. Budayawan setempat ingin tetap melestarikan ritual tersebut, dengan cara merubah kemasan dari ritual ke seni pertunjukan.

Ada beberapa seni pertunjukan yang diangkat dari ritual Cingcowong, salah satunya Cingcowong Bilguna Bilamana dalam bentuk pertunjukan yang menggabungkan antara ritual, tarian dan teater. Meskipun hanya dalam bentuk seni pertunjukan, cingcowong tidak terlepas dari hal magis. 

Menurut Siti Habibah sebagai penulis skenario yang didampingi oleh Megi Mega Lestari sebagai sutradara memyatakan bahwa  tujuan film ini adalah agar masyarakat bisa menerima ritual dan pertunjukan cingcowong sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia, karena budaya adalah jati diri bangsa.

Sementata itu, Kepala SMKN 1 Luragung Drs. Ibnu Udy Prasetyo, M.Eng. menyambut gembira kemenangan ini, " Semoga film ini bisa diikutsertakan dalam festival bertaraf Internasional " , ungkapnya. ( Pers Rilis Bonti Cinrma )
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: SMKN 1 Luragung Kembali Raih Juara 1 Festival Film Dokumenter Anugerah Atikan Jabar 2018 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan