728x90 AdSpace

19 Januari 2019

Artikel Menanamkan Nilai Kerjasama Dalam Gotong Royong Kepada Anak Usia Dini


Oleh : Sahara Yuniar Pratiwi (PGSD Uniku)

suarakuningan.com - Budaya gotong royong yang diwariskan oleh nenek moyang kita merupakan produk budaya unggul yang jarang dimiliki oleh bangsa lain, sengaja mengikuti kegiatan ini sebagai motivasi kepada para pemuda dan masyarakat agar terus memelihara budaya yang positif ini. 

Juga dengan gotong royong dapat mempersatukan warga dan mendinginkan situasai politik ditengah perbedaan pilihan saat Pilkada Jateng nanti. 

Budaya ini diadakan agar nantinya masyarakat dapat menerapkan kebiasaan dan memelihara kebudayaan yg ada didaerah tempat tinggalnya agar kebudayan tersebut nantinya dapat diwarisakan kepada generasi berikutnya sesuai dengan nilai karakter yang terkandung didalamnya seperti melakukan pertolongan kepada orang yang membutuhkan, kegiatan membersihkan lingkungan sekitar, kerjasama dengan masyarakat sekitar lingkungan. Dengan adanya kerjasama antar masyarakat sekitar akan terjalin rasa kekeluargaan, kesatuan, tidak adanya tindakan kekerasan dalam kehidupan sehari-hari. 

Menurut Lewis Thomas dan Elaine B. Johnson (2014) kerjasama adalah pengelompokan yang terjadi di antara makhluk-makhluk hidup yang kita kenal. Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu atau berkelompok di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan untuk mencapai suatu hasil mufakat. Ruang kelas suatu tempat yang sangat baik untuk membangun kemampuan kelompok, yang anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.

Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan orang lain secara berkelompok untuk menyelesaikan suatu masalah atau melakukan suatu kegiatan positif yang mendapatkan sebuah hasil yang memuaskan, didalam kerjasama harus adanya komunikasi yang baik agar kegiatan dapat dilakukan. 

Karakter kerjasama harus ditanamkan sejak kecil, agar mereka dapat mengetahui dan menirukan apa yang mereka alami karena karakter kerjasama akan menjadikan bekal ilmu yang bermanfaat bagi mereka dimasa yang akan datang. Dengan kita sebagai orang dewasa menanamkan nila tersebut dengan cara memberitahukan kemudian mengarahkan apa yang harus mereka lakukan, contohnya seperti membantu pekerjaan rumah yang merka bisa lakukan, agar nantinya mereka menerapkan atau mencontohkan kegiatan tersebut dilingkungan sekolah ataupun masyarakat, mereka dapat bekerjasama dengan orang lain dengan baik.

Sebagai calon guru sekolah dasar harus menanamkan dan memberikan arahan tentang bagaimana berkerjasama dengan baik dalam kegiatan gotongroyong, agar peserta didik nantinya dapat memahami arti kerja sama itu apa bagi kehidupannya. Kerja sama merupakan cara makhluk hidup bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dengan cara kita menanamkan nilai kerjasama tersebut siswa akan menerapkannya didalam kehidupannya dilingkungan rumah, lingkungan sekolah ataupun lingkungan  masyarakat.

Dengan adanya kerjasama kegiatan yang dilakukan akan dapat tercapai dengan baik dan kerjasama ini dapat saling menguntungkan semua pihak dengan prinsip saling percaya, menghargai, dan adanya norma yang mengatur.

Dengan kerjasama kitan juga mendapatkan manfaat yang sangat menguntukan  yaitu mampu mempererat ikatan kerjasama, dapat menumbuhkan sebuah semangat persatuan dalam kehidupan, dalam pekerjaan dapat lebih cepat selesai.

Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan karena dilakukan dengan berasama-sama, melatih pribadi untuk dapat mengeluarkan pendapat, saran, dan kritik dilingkungan tempat tinggal, melatih menghargai perbedaan, melatih diri sendiri untuk menghargai orang lain yang ada disekitarnya, membiasakan diri menjadi pribadi yang ekstrovert dan gemar bekerjasama, melatih sikap sosial yang ada pada diri sendiri.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel Menanamkan Nilai Kerjasama Dalam Gotong Royong Kepada Anak Usia Dini Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan