728x90 AdSpace

21 Januari 2019

Artikel Prostitusi Online Mengancam Karakter Religius Anak di Jaman Milenial


Oleh : Khanif Kurniawan (PGSD E uniku)

suarakuningan.com - Semakin canggihnya teknologi terasa sangat pesat modernisasi ini. Perkembangan jaman memang sudah tidak di ragukan lagi. Merubah gaya hidup yang semakin ke kinian. Teknologi berkembang dengan segala keunggulan dan dampaknya. Salah satu keunggulan dari teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efesien. Namun terdapat dampak yang sangat riskan bagi kalangan kehidupan di masa kini. Salah satunya adalah dampak bahaya dari teknologi internet. 

Setiap orang menggunakan internet, termasuk di kalangan anak di masa milenial kini. Internet bukanlah hal yang aneh untuk anak milenial jaman kini. Dengan akses yang semakin mudah dan murah meriah setiap orang dapat menggunakan internet. Namun bukan internetnya yang berhaya, melainkan dampak negatifnya yang berbahaya dari perkembangan internet. Kalangan anak masa kini sudah tidak bisa lepas dari dunia gadget yang semakin mudah untuk di bawa kemana saja dan dimana saja anak dapat menggunakannya. 

Hal yang dihawatirkan dalam perkembangan anak milenial masa kini adalah ketika anak membuka internet, muncul Hot news yang sedang ramai di perbincangkan akhir-akhir ini. Prostitusi Online adalah salah satu dampak yang sangat buruk dari bahaya akan perkembangan teknologi di dalam dunia internet. Tetapi yang menjadi tambah tragis adalah kalangan artis sinetron terjerat kasus ini. Berita ini sudah masuk kedalam setiap media sosial salah satunya instagram. Sementara Instagram di kalangan anak milenial sudah tidak asing. 

Anak milenial sekarang hampir kabanyakan menggunakan media sosial tersebut. Dengan meningkatnya berita tersebut di dalam instagram, maka hal tersebut sudah menjadi suatu yang viral akhir-akhir ini. Hal yang viral tersebut dikahawatirkan kalangan anak yang terbiasa menggunakan aplikasi tersebut merasa penasaran akan hal tersebut. 

Dengan rasa penasaran anak yang tinggi terhadap suatu yang sedang viral dihawatirkan anak yang sedang masuk di dunia maya akan berusaha untuk mencari informasi terkait hal tersebut. Mungkin saja banyak sebagian anak yang dengan mudah mengakses situs terlalarang dengan kecanggihan teknologi yang semakin mudah.

Dengan pronstitusi online yang sedang ramai di perbincangkan oleh media, tentu informasi tersebut akan sangat cepat untuk berkembang di kalangan masyarakat dan bisa jadi berkembang cepat di kalangan anak-anak yang setiap harinya tidak bisa lepas dari dunia internet.

Jika dampak negatif yang dihasilkan dari hal tersebut terjadi di  anak-anak tentu akan merusak akhlak anak. Ini semua merusak perkembangan otak anak, apalagi anak di kalangan usia dini. Secara emosional anak di kalangan usia dini belum bisa mengontrol diri sendiri, apa yang dilihat maka anak akan menirukannya. Semua ini karena anak usia dini teruatama usia sekolah dasar belum memahami betul mana yang baik untuk di tiru dan mana yang buruk. Sehingga orang dewasa disekitarnyalah yang harus memberikan contoh yang baik bagi anak-anak.

Prostitusi Online yang sedang marak diperbincangkan sekarang menyeret nama artis yang biasa di dengar oleh telinga kita semua. Sedangkan sosok artis adalah sosok yang di idolakan karena paras, tingkah, dan hiburan yang di sajikan. Sangat di sayangkan para artis itu terjerat dalam dunia hitam tersebut. Tentu ini kan membahayakan akhlak yang baik bagi anak-anak jika kalangan anak milenial mengetahuinya.

Menurut Imam Ghazali Akhlak itu lebih dekat dengan karakter seseoang. Ketika anak sudah berakhlak baik maka karakter yang di timbulkan akan baik dalam perkembangan akhlaknya. Akhlak yang baik merupakan tujuan dari nilai religius yang di terapkan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dengan akhlak yang baik diharapkan akan muncul para sosok pemimpin yang memiliki moral baik. Sehingga dalam mengambil keputusan tidak semata-mata menggunakan napsu belaka.

Salah satu hal yang perlu di perhatikan untuk mempertahankan karakter religius adalah memperhatikan bahaya akan dampak teknologi yang serba canggih dan semua golongan dapat menggunakannya dimanapun dan kapanpun. Karatketer religius akan terancam dengan adanya prostitusi online. Dengan demikian kita haruslah waspada sedini mungkin akan bahaya yang di timbulkan dari kegiatan negatif tersebut.

Jangan sampai anak-anak yang sedang tumbuh kembang dan belum bisa memahami mana yang baik dan mana yang buruk itu terjerumus akan kegiatan tersebut. Jangan sampai di masa mendatang masa depan anak yang seharusnya cerah dan memiliki karakter yang baik itu rusak karena kurangnya perhatian dari orang tua sekitarnya.

Peran orang tua sangatlah kuat dalam penanganan dan pencegahan akan bahaya internet salah satunya bahaya prostitusi online. Dengan keadaan anak masa kini yang dengan mudah membuka internet. Semakin membuat kemungkinan anak melihat hal yang tidak di inginkan jika tidak ada pengawasan yang baik. Maka peran orang tua sangat di perlukan dalam pencegahan agar anak tidak terjerumus kepada salah satu bahaya online tersebut.

Orang tua di rumah dapat mengawasi anaknya untuk tetap berkembang dengan koridornya. Namun orang tua mungkin akan kesulitan dalam mencegah anak untuk menolak gadget. Itu semua dapat di minimalisir, dengan cara orang tua tetap memberikan gadget kepada anak namun orang tua juga menginstallkan seubah aplikasi yang dapat mengontrol anak agar tidak bisa membuka semua aplikasi yang belum pantas bagi anak seperti Instagram.

Aplikasi tersebut sudah ramai di gunakan oleh kalangan orang tua masa kini. Seperti aplikasi Dunia anak, , Kakatu Parental Control, Family Time Parental Control. Semua adalah beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua agar anaknya dapat dibatasi penggunaan aplikasi yang dapat menjurus ke hal yang negatif. Selain itu, orang tua juga bisa mengarahkan anak agar tidak dapat terjerumus hal negatif.

Arahkanlah anak dengan kegiatan yang menumbuhkan nilai religius anak itu semakin berkembang. Kegiatan tersebut tentu akan memberikan penginatan  Jika anak di arahkan ke sanggar pengajian, mushola, masjid atau tempat beribadah lainnya maka anak akan memiliki kesibukan yang sifatnya positif. Dengan pembiasaan yang baik akan membentuk karakter religius yang baik bagi anak di jaman milenial kini. 

Karena tantangan keadaan anak di jaman sekarang mengenai moral jauh lebih besar dengan teknologi yang semakin canggih. Tentu orang tua di sekeliling anaklah yang perlu mengarahkan, mengingantkan, mencegah agar anak di kalangan milenial mendapatkan masa depan yang cerah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

5 komentar:

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel Prostitusi Online Mengancam Karakter Religius Anak di Jaman Milenial Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan