728x90 AdSpace

16 Januari 2019

Demonstran Menuntut Agar Dana Pokir Dicairkan Setelah Pemilu



suarakuningan.com - Ada peluang yang dimiliki oleh para calon Anggota Legislatif Patahana atau yang sekarang sedang menduduki kursi empuk di gedung DPRD sebab setiap anggota DPRD mempunyai anggaran yang bersumber dari APBD yang dulu di sebut Dana Aspirasi dan sekarang berubah namanya menjadi Pokir (Pokok - Pokok Pikiran) untuk digunakan sebagai modal kampanye.

Baik Dana Aspirasi maupun Pokir sebenarnya tidak ada bedanya sebab baik sistem maupun penerapannya sama saja yaitu setiap anggota DPRD mempunyai anggaran tersendiri untuk diberikan kepada masyarakat secara langsung melalui program  Pokir, hal tersebut menimbulkan kecemburuan bagi calon legislatif non patahana.

Karena ada kehawatiran tersebut maka pada hari Rabu (16/1) Calon Anggota DPRD non Patahana dari berbagai partai menggelar aksi di depan Pendopo Bupati Kuningan, aksi tersebut di terima oleh Sekda Kuningan DR. H. Dian Rahmat Yanuar M. Si.,Didampingi oleh Kepala BPKAD Drs. H. Apang Suparman M. Si., Para Kepala SKPD dan Kabag dilingkup Setda Kabuaten Kuningan. 

Semua orator semuanya sama menuntut agar dana Pokir jangan dicairkan sebelum Pemilu sebab itu bisa dijadikan alat kampanye bagi mereka para anggota DPRD yang mencalonkan kembali. Menghadapi tuntutan tersebut Sekda memberikan jawaban bahwa untuk pencairan dana tersebut tergantung kepada keuangan daerah dan tergantung kepada usulan dari SKPD yang bersangkutan tapi menurut kebiasaan dana dari pusat akan turun sekitar bulan Mei jadi kalau turun pada bulan tersebut berarti sesudah pemilu dilaksanakan.

Diakhir aksinya para demonstran malah memuji Sekda karena penjelasannya yang cukup memuaskan, terima kasih Pa Sekda atas penjelasannya dan Kuningan tidak salah memilih Sekda, ucap Deki menutup orasinya setelah mendapat jawaban dari Sekda para peserta aksi langsung membubarkan diri.(red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Demonstran Menuntut Agar Dana Pokir Dicairkan Setelah Pemilu Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan