728x90 AdSpace

19 Maret 2019

Artikel: Penyatuan Pengalaman Batin Antarjiwa Melalui Musik

oleh: Dr I. Hadijah, M.Pd

Penulis adalah Alumni Program Doktoral Pendidikan Seni S3 Universitas Negeri  Semarang, PNS Guru Pendidikan Seni SMA 2 Kuningan, Narasumber Seminar Nasional dan Internasional Bidang Seni dan Kebudayaan  
suarakuningan.com - Bentuk-bentuk kebudayaan yang memiliki pengaruh paling mendalam terhadap jiwa manusia adalah musik. Tanpa kita sadari musik dapat mempengaruhi bahkan membentuk perilaku seseorang dalam kehidupannya. Musik dapat dipahami sebagai cerminan dari pengalaman seseorang dan sebaliknya bahwa pengalaman pun merupakan  relasi yang menghubungkannya dengan musik.

Dimensi musik secara menyeluruh antara lain berkaitan dengan rasa, ide/gagasan, imajinasi, komunikasi dan cara berfikir yang tertuang dalam bentuk ekspresi rasa dan imajinasi suasana jiwa. Penekanan  musik pada jiwa seseorang lebih cenderung menggambarkan penekanan pada aspek suasana batin. 




Seperti kita ketahui jika suasana batin kita sedang merasakan hal-hal yang bahagia atau senang maka bentuk musik yang dipilih adalah musik-musik yang hangat dan ceria. Namun sebaliknya jika suasana hati kita sedang haru ataupun bersedih tentu jenis musik yang dipilih adalah musik yang bernuansa melankolis. 

Tidak menutup kemungkinan musik juga akan mampu mengubah sikap batin kita. Secara spontan jika terdengar musik rock ataupun jenis-jenis progressive-music lainnya maka secara tidak sadar akan melakukan gerakan mengikuti ritme musik tersebut.

Berbagai peristiwa melalui penyatuan pengalaman-pengalaman batiniah dapat terangkum dalam musik sebagai tautan antarjiwa. Sekalipun kita sering tidak mampu untuk menyadari bahwa sebnarnya dalam musik terdapat relasi pengalaman dari berbagai peristiwa yang pernah dialami. 

Melalui musik  sebenarnya menuntun kita untuk memperluas pengalaman dengan cara yang unik. Bentuk penghayatan yang mendalam dapat mementuk horizon luas dan beragam tentang batin dan jiwa kita sehingga perlahan kita akan mampu memahami posisi kita dalam identitas dan dunia kita sendiri.***

Terikait:

Artikel: Pikiran Positif adalah Strategi Kunci untuk Sebuah Kesuksesan

Artikel: Mari Mengubah Pandangan Pesimis Menjadi Optimis

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Penyatuan Pengalaman Batin Antarjiwa Melalui Musik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan