728x90 AdSpace

11 Maret 2019

Begini Cara Pemerintah Kecamatan Kalimanggis Meningkatkan Kesadaran Zakat Masyarakatnya



suarakuningan.com – Usai mendistribusikan sembako dan stimulan di Kecamatan Selajambe pada (7/3). Kegiatan tersebut, kembali dilanjutkan di Desa Kertawana Kecamatan Kalimanggis dengan total anggaran yang didistribusikan sebesar RP.16.250.000,-, adapun jumlah mustahik yang menerima yakni sebanyak 75 orang.

Dalam kesempatan ini, Kasi kesra Kecamatan Kalimanggis menuturkan, tidak semudah membalikan telapak tangan dalam menyadarkan masyarakat untuk mengeluarkan zakat melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ). Kendala yang dihadapi  pun cukup beragam dan agak sulit, terlebih merubah pola pikir masyarakat. Tentu upaya kerjasama dan konsep matang sangatlah diperlukan. Salah satu kendala yang masih melekat di lingkungannya yakni anggapan untuk mengeluarkan zakat kepada guru ngaji atau paraji.
 
“Oleh karena itu, rencana kedepannya kami akan segera menggelar kegiatan pembinaan dan pengarahan terhadap guru ngaji dan para mustahik. Masyarakat tetap boleh mengeluarkan zakat secara pribadi namun pada akhirnya yang menerima zakat menyetorkan kembali ke UPZ Desa,” ujarnya,  Senin (11/3).




Sebab menurutnya, ketika masyarakat banyak yang mengeluarkan zakat melalui UPZ, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang akan mendapatakan pendistribusian dari BAZNas. Selain itu, tahun 2019 pertumbuhan zakat di Kecamatan Kalimanggis mengalami peningkatan, tentu akan sangat disayangkan jika hal ini tidak terus diupayakan.

“Alhamdulilllah, peningkatan tahun sekarang di Kecamatan Kalimanggis sudah mencapai 4%. Semoga kelak zakat di Kecamtan Kalimanggis terus mengalami peningkatan agar yang disalurkannya pun semakin bertambah,” tambahnya. 

Disamping itu, Didi Maskudi sebagai anggota Koramil 1508 Cidahu turut mengapresiasi dan bahagia melihat program yang dilaksanakan oleh BAZNas. Sebab manfaatnya sungguh terasa  dan hal ini wajib untuk terus dikembangkan.

“Semoga, kelak kedepannya BAZNas Kabupaten Kuningan semakin lebih baik lagi, terutama kesadaran masyarakat Kuningan akan pentinganya menunaikan ibadah zakat,” harapnya. 

Pantauan awak media, kegiatan pendistribusian yang digelar di Balai Desa Kertawana nampak berjalan dengan baik dan tartib. Turut hadir Komisioner BAZNas Kuningan Drs H Yayan Sofyan MM, Kepala Camat Kalimanggis, Kepala Desa Kertawana dan anggota Koramil 1508 Cidahu.(Argi/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Begini Cara Pemerintah Kecamatan Kalimanggis Meningkatkan Kesadaran Zakat Masyarakatnya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan