728x90 AdSpace

12 Maret 2019

Dari Mesjid Ke Mesjid, UPZ Kecamatan Pancalang Gencar Sosialisasikan Zakat



suarakuningan.com – Menarik perhatian dan menyadarkan masyarakat untuk menunaikan zakat melalui badan resmi pengelolaan zakat, tidaklah mudah. Keterbatasan SDM dan kurangnya pengetahuan masyarakat menjadi faktor utama dalam mencapai keberhasilan zakat.

Upaya Sosialisasi pembinaan dan pengarahan pun gencar dilaksanakan oleh setiap Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di setiap Desa nya. Seperti halnya yang dilakukan oleh UPZ Kecamatan Pancalang. Cara yang diterapkannya yakni dengan sistem mesjid ke mesjid dan pintu ke pintu.

“Hal tersebut, dirasa lebih menyentuh masyarakat, meskipun pengorbanannya pun agak berat terutama pengorbanan waktu. Namun, dalam hal ini kita tetap harus berupaya karena hal itu merupakan kewajiban kami,” ujar Ketua UPZ Pancalang Ishak Yaqub.

Walau begitu, usaha yang dilakukan oleh UPZ Kecamatan Pancalang ini rupanya tidak sia-sia. Meskipun belum mengalami peningkatan yang signifikan lanjut ia, capaian yang diperoleh pada tahun 2019 sekarang ini mencapai 5 sampai 6%.

“Kalau untuk masalah atau kendala yang dialami, diantaranya banyak perantau kemudian banyak anak sekolah, otomatis mereka menunaikan zakatnya di sekolah. Kedepannya, usaha dan hubungan kerjasama antar lembaga akan lebih ditingkatkan kembali. Sehingga akhirnya seluruh zakat masyarakat dapat dikumpulkan di BAZNas,” tambahnya, Selasa (12/3).

Sementara itu, Komisioner BAZNas Kabupaten Kuningan Drs H Yayan Sofyan MM juga terus menghimbau dan memberikan arahan kepada UPZ dan masyarakat setempat. Lantaran menurutnya,ibadah zakat merupakan jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam. 







“Seandainya zakat yang dikumpulkan di BAZNas terus mengalami peningkatan, lambat laun sedikitnya bisa membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Sekedar informasi, pendistribusian sembako dan stimulan dilanjutkan di Balai Desa Sindangkempeng Kecamatan Pancalang sejak pukul 09.00 WIB tadi. Nampak hadir Kepala Camat pancalang Sunardi SE, Kepala KUA Iing Rohiman SH I, Kepala Desa Sindangkempeng Suhadi SP, perwakilan Koramil 1514 Mandirancan Setiawan dan Kasi Polsek Mandirancan. Adapun Jumlah anggaran yang disalurkan sebesar RP.24.650.000,- yang diperuntukan untuk 103 mustahik.(Argi/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Dari Mesjid Ke Mesjid, UPZ Kecamatan Pancalang Gencar Sosialisasikan Zakat Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan