728x90 AdSpace

22 Maret 2019

Ratusan Mahasiswa FE Kunjungi PT Madu Kismo Yogyakarta


suarakuningan.com - Sebanyak 347 mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku), mengikuti kegiatan kunjungan industri ke PT Madu Kismo Yogyakarta 20 – 22 Maret 2019.

Menurut Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) selaku Ketua Pelaksana kegiatan kunjungan industri 2019 Dadang Suhendar., SE., M.Si., saat dimintai keterangannya, Jum’at (22/03), menuturkan, bahwa kegiatan kunjungan industri ini merupakan salah satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku).

“Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan PPL FE Uniku yang sudah berlangsung selama satu (1) bulan ke belakang. Setelah selama satu (1) bulan, mereka (mahasiswa dan mahasiswi FE) melakukan PPL di instansi, lembaga, dan perbankan yang tersebar di wilayah Kabupaten Kuningan dan Cirebon itu, sekarang kegiatan kunjungan industri adalah sebagai akhir atau penutup dari seluruh rangkaian PPL FE Uniku 2019,” tuturnya.

Sedangkan, Dekan FE Uniku Dr. Herma Wiharno, M.Si., sebagai penanggung jawab kegiatan ini, menuturkan, bahwa kunjungan industry ke PT Madu Kismo ini merupakan tradisi dari Fakultas Ekonomi (FE) Uniku sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan PPL.

“Ini adalah tradisi dari FE Uniku sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan PPL,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung dosen program studi (Prodi) Akuntansi itu, menjelaskan, kegiatan kunjungan industri ini merupakan puncak dari kegiatan PPL yamg telah dilaksanakan selama satu (1) bulan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa bagaimana produksi gula dan sebagai refreshing sebelum menghadapi ujian skripsi dan ujian sidang.




“Kunjungan industri ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan mahasiswi terkait dunia industri atau dunia kerja, kegiatan ini juga bisa dikatakan sebagai sarana untuk refreshing bagi mahasiswa dan mahasiswi FE Uniku sebelum menghadapi ujian skripsi dan ujian sidang,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan manajemen PT Madu Kismo Yogyakarta yang menerima kunjungan industri keluarga besar FE Uniku itu Mahmud Safrudi, mengatakan, PT Madu Kismo adalah perusahaan yang memproduksi gula, alkohol dan spirtus.

“Madu Kismo adalah pabrik satu-satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Produksi yang dihasilkan 3.500 ton akan menghasilkan 250 ton gula perhari,” tuturnya.

Alkohol adalah hasil atau limbah dari pabrik gula. Alkohol yang dihasilkan dengan kadar 95%. Alkohol tersebut untuk industri kosmetik dan farmasi dengan pengawasan yang sangat ketat, sehingga di PT Madu Kismo terdapat orang bea cukainya.

“Jumlah karyawannya mencapai 4.500 orang, baik diperkebunan dan pabrik. CSR dari PT Madu Kismo diberikan dalam bentuk bibit, pupuk dan traktor,” ujarnya.

Dirinya sangat mengapresiasi dan bangga atas kepercayaannya yang diberikan FE Uniku untuk melakukan kunjungan industri ke PT Madu Kismo DIY Yogyakarta.

“Terimakasih atas kepercayaannya yang diberikan FE Uniku kepada PT Madu Kismo, dengan memilih perusahaan kami sebagai tempat kunjungan industrinya. Mohon maaf bila ada yang kurang dari segi penerimaan kami. Dan, tak lupa kami sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya, selamat jalan, semoga selamat sampai ke kampung halaman kembali yaitu Kabupaten Kuningan,” puingkasnya. (humas Uniku/Sep/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ratusan Mahasiswa FE Kunjungi PT Madu Kismo Yogyakarta Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan