728x90 AdSpace

19 Maret 2019

UPZ Ini Sukses Tingkatkan Kesadaran Warganya


suarakuningan.com - Meskipun Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan Ciwaru belum memiliki program seperti yang dilakukan oleh UPZ Kecamatan Jalaksana dalam menarik simpati masyarakat.

Tiap tahunnya kesadaran zakat di Ciwaru ini masih terus mengalami peningkatan walau tidak signifikan.Hal tersebut diutarakan oleh Ketua UPZ Kecamatan Ciwaru Atip Solihuddin saat kegiatan pendistribusian sembako dan stimulan di Mesjid Al-hidayah Ciwaru. 

"Peningkatan tiap tahunnya sih tidak signifikan, namun yang jelas setiap tahunnya terus mengalami peningkatan sedikit demi sedikit. Terbukti dengan zakat yang berhasil dikumpulkan sekarang ini yang mencapai 79 Juta Rupiah dibanding dari tahun sebelumnya yakni 75 Juta Rupiah," ujarnya, Selasa (19/3).

Hasil tersebut lanjut ia, berkat kerjasama tim yang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Adapun tempat yang sering dikunjungi untuk dilakukannya sosialisasi yakni tempat ibadah Mesjid dan Mushola, dengan dibantu oleh para Kesra Desa, DKM dan anggota Penyuluh Agama Honorer (PAH).




"Selain itu, saat bulan Ramadhan kita melaksanakan Tarling (Taraweh Keliling) sekaligus sosialisasi kepada masayrakat akan pentingnya Rukun Islam yang ke tiga yakni ibadah menunaikan zakat, dan alhamdulillah hasilnya sekarang dirasakan, " tambahnya. 

Sementara itu, Ketua BAZNas Kabupaten Kuningan Dra H Encu Sukat WS MA memberikan arahan kepada masyarkat dan para tokoh yang hadir saat itu, agar tak hentinya mengingatkan warga Kecamatan Ciwaru terlebih para agniya untuk mengeluarkan sebagian hartanya.

"Apalagi soal zakat mal, kekayaan yang diperoleh para agniya itu tidak semua milik mereka. Ada 2,5% harta yang bukan hak mereka. Oleh karena itu, jika para agniya tidak menunaikan zakat, maka akibatnya sangat fatal. Jadi, tolong ingatkan dan usahakan agar mereka sadar akan kewajibannya itu," ujarnya.

Pantauan Awak media, kegiatan pendistribusian dilaksankan sekitar pukul 09.00 WIB. Nampak hadir Sekertaris Kecamatan Ciwaru, Kepala KUA Kecamatan Ciwaru dan Ketua MUI Kecamatan Ciwaru. Adapun anggaran yang disalurkan untuk Kecamatan ini yakni sebesar RP.23.450.000, dengan jumlah mustahik sebanyak 99 orang.(argi/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: UPZ Ini Sukses Tingkatkan Kesadaran Warganya Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan