Hot News
7 Agustus 2015

Desa Tambakbaya Bangun Jembatan Penghubung Dua Desa

Suarakuningan.com-Setelah adanya realisasi anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahap pertama tahun 2015, geliat pembangunan di desa-desa mulai terlihat, salah satunya nampak di Desa Tambakbaya Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan. 

Walaupun dengan dana desa yang relatif kecil, pemerintahan desa bersama warga, saat ini sedang melaksanakan kegiatan pembangunan jembatan penghubung antara Desa Tambakbaya dengan Desa Cikananga. 

Kegiatan pembangunan sendiri, saat ini telah berlangsung selama dua pekan dari target waktu kegiatan selama satu bulan. Pejabat sementara (pjs) Kepala Desa Tambakbaya, Icih Hertiningsih, ketika ditemui di kantor desa setempat menjelaskan bahwa pembangunan jembatan tersebut direncanakan menghabiskan anggaran sebesar 149 juta rupiah yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2015, namun untuk tahap awal, baru direalisasikan sebesar 51 juta rupiah. 

Icih menerangkan, bahwa masyarakat menginginkan sebuah jembatan yang kokoh dan bisa tahan lama, sehingga dalam pengerjaannya tidak asal-asalan. Hal ini terbukti dari pantauan di lapangan, walaupun pelaksanaannya baru dua pekan berjalan, sudah nampak kekokohan jembatan tersebut. 

“Awalnya, kami merencanakan akan melaksanakan hotmix untuk jalan desa, namun dalam musyawarah pemdes dengan tokoh masyarakat diputuskan untuk memperbaiki jembatan terlebih dahulu,"jelasnya. 

"Ini dilakukan karena jembatan tersebut perlu diprioritaskan untuk diperbaiki, mempertimbangkan keselamatan pengguna jembatan tersebut,“ terangnya. 

Masih menurut Icih, sebenarnya banyak usulan pembangunan yang muncul dari musyawarah rencana pembangunan desa bersama masyarakat, namun tentu dalam pelaksanaannya tidak bisa terakomodir secara keseluruhan. Dirinya, meminta warga untuk tetap bersabar, mengingat anggaran untuk desa juga turunnya secara bertahap. 

“Mungkin bisa menjadi pekerjaan rumah bagi kepala desa mendatang, karena Bulan Oktober juga akan diselenggarakan pilkades di sini,“ lanjutnya didampingi beberapa pamong desa setempat. 

Terpisah, Ketua BPD setempat, Nana Junaedi, sangat mengapresiasi kegiatan pebangunan jembatan tersebut. Pihaknya, sebagai kepanjangan tangan dari warga Desa Tambakbaya, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. “ Kami sebagai perwakilan masyarakat, bersyukur atas berlangsungnya kegiatan perbaikan jembatan di desa kami. Keinginan masyarakat yang terakomodir ini, diharapkan bisa dilanjutkan pada periode kepemimpinan kepala desa yang akan datang, “ harap Nana. (nars)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Desa Tambakbaya Bangun Jembatan Penghubung Dua Desa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan