Hot News
2 September 2015

Ini Dia Perbedaan GPRS, EDGE, HSDPA, 3G, dan 4G

Ade W Hakim

suarakuningan - Berbagai data menunjukkan bahwa kecepatan internet di Indonesia masih sangat tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Tidak perlu jauh-jauh membandingkan dengan negara-negara maju seperti Amerika dan negara-negara di Eropa, bahkan untuk kawasan Asia Tenggara saja Indonesia masih menduduki peringkat papan bawah.

 Jaringan internet yang lemot bin lelet sering membuat kita frustasi. Jika Anda mengakses internet menggunakan jaringan seluler, Anda pasti sering mendengar istilah GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA dll. Istilah-istilah tersebut adalah beragam teknologi jaringan yang digunakan untuk mengakses internet. GPRS, EDGE, HSDPA, 3G, dan 4G Apa sih arti dari masing-masing istilah tersebut dan jaringan mana yang memberikan akses internet tercepat?

Mari kita bahas satu per satu. GPRS – General Packet Radio Service Teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data dengan kecepatan 56 kbps s/d 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, mengirim e-mail, mms (pesan gambar). EDGE – Enhanced Data rates for GSM Evolution (2.75G) Merupakan evolusi dari GSM dan IS-136. Kecepatan EDGE mencapai 473,6 kbps atau 3 kali lebih cepat dari GPRS. 3G – Third Generation Technology Dikenal juga dengan nama W-CDMA/UMTS, secara teori kecepatan akses 3G sekitar 480kbps.

3G lebih unggul dibanding dua pendahulunya karena telah didukung fasilitas video streaming seperti video calling. HSDPA – High-Speed Downlink Packet Access HSDPA juga disebut generasi 3.5 G, dengan kemampuan layanan suara, video, maupun akses internet dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps sehingga untuk hal video streaming, 3.5G menyuguhkan gambar yang lebih tajam dari gambar yang ditawarkan oleh 3G. 4G – Fourth-generation Technology Dikenal juga dengan nama LTE Advanced dan merupakan pengembangan dari teknologi 3G.

4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Operator 4G pertama di Indonesia adalah Sitra WiMAX. Nah, perhatikan indikator jaringan yang tersedia pada smartphone atau modem Anda. Secara teori, semakin tinggi teknologi jaringan yang bisa ditangkap oleh modem dan smartphone, semakin cepat koneksi internet yang bisa Anda nikmati ;)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ini Dia Perbedaan GPRS, EDGE, HSDPA, 3G, dan 4G Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan