Hot News
2 Oktober 2015

Kesaktian Pancasila 1 Oktober?


Oleh: Ismah Winartono (Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia DPC Kuningan) 

Gerakan Satu Oktober (Gestok) adalah peristiwa mahadahsyat yang pernah terjadi di republik Indonesia. Gestok merupakan titik balik awal pemerintahan Soekarno ke tangan Soeharto. 

Hingga kini misteri gestok masih sangat terjaga .Hingga kini juga masyarakat Indonesia tidak mendapat kejelasan sejarah yang hilang. Karena ketidak jelasan tentang sejarah yang hilang sekarang membuat banyak versi yang bermunculan tentang latar belakang terjadinya gestok ini . 

Seperti berkembangnya kisah keterkaitan CIA yang ikut campur dalam proses kudeta Soekarno kemudian peran militer yang di akuisisi oleh Soeharto dalam kudeta Soekarno dan kebenaran yang berbicara bahwa Soeharto yang terlibat dalam pembunuhan 7 jendral dan kudeta Soekarno. Menurut kami istilah Kesaktian Pancasila tidak tepat . 

Pancasila sudah lahir pada tanggal 1 Juni kami melihat penamaan ini seolah mereduksi peran Soekarno sebagai Pencetus dan penggali Pancasila . Alangkah baiknya nama peringatan kesaktian digantikan menjadi peringatan terjadinya tragedi Nasional 1 Oktober 1965 yang tidak boleh terulang lagi. 

Dan kami berharap semoga pemerintah mulai merehabilitasi sejarah untuk generasi Indonesia seperti bung karno pernah berkata "JASMERAH" jangan sesekali meninggalkan sejarah... Peristiwa gestok ini adalah bagian dari sejarah yang memang harus diakui keberadaannya dan di jaga kemurniannya.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kesaktian Pancasila 1 Oktober? Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan