Hot News
6 September 2015

Mengenal Nama Domain


Ade W Hakim 

Secara umum, kita menyebut nama domain sebagai alamat sebuah website. Contohnya, nama domain situs Suara Kuningan adalah www.suarakuningan.com atau untuk mengakses situs Facebook maka kita menggunakan nama domain www.facebook.com. 

Nama domain diciptakan dengan tujuan mempermudah pengguna internet untuk mengakses sebuah website atau server. Pada dasarnya sebuah website dan server memiliki alamat unik berupa deretan angka yang dikenal dengan istilah IP address. 

Karena manusia lebih mudah mengingat rangkaian huruf daripada rangkaian angka, maka dibuatlah nama domain. rare-domain-names Secara garis besar nama domain dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu generic Top Level Domain(gTLD) dan country-code Top Level Domain (ccTLD). Generic Top Level Domain (gTLD) digunakan secara global dan tidak terbatas wilayah/negara. com dan net adalah gTLD yang paling populer dan banyak digunakan. 

Berikut adalah beberapa gTLD beserta penjelasan fungsinya: .com: untuk website komersial atau perusahaan .net: untuk website network infrastruktur .org: untuk website organisasi .info: untuk website informasi .name: untuk website keluarga atau personal .biz : untuk website bisnis .edu: untuk website website pendidikan .mil: untuk website militer .travel: di gunakan untuk bisnis pariwisata Country-code Top Level Domain (ccTLD) digunakan dengan target wilayah negara tertentu dan pengelolaannya biasanya menurut kebijakan negara tersebut. 

Contohnya: .id: Indonesia .us: Amerika (United States) .sg: Singapura .my: Malaysia Di Indonesia, domain id dibagi lagi dalam beberapa bagian sesuai dengan kategori dan peruntukannya. Berikut adalah kategori-kategorinya: .co.id : komersial, badan usaha dan sejenisnya .net.id : penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi .ac.id : akademik, universitas, perguruan tinggi dan sejenisnya .sch.id : sekolah .go.id : institusi pemerintah dan sejenisnya .mil.id : instansi militer .or.id : organisasi selain organisasi di atas .web.id : pribadi atau komunitas 

Bagaimana Cara Memiliki Nama Domain? 
Jika Anda bermaksud membuat situs web maka Anda membutuhkan nama domain. Pendaftaran nama Domain bisa dilakukan melalui domain registrar seperti NameCheap, atau melalui penyedia jasa webhosting yang biasanya menyediakan jasa registrasi nama domain seperti Qwords. Harganya bervariasi, untuk com dan net biasanya berada di kisaran seratus ribu rupiah hingga seratus lima puluh ribu rupiah per tahun.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mengenal Nama Domain Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan