728x90 AdSpace

Update
26 September 2016

Pembangunan Geothermal Harus Ditinjau Ulang

SuaraKuningan.com - Pembangunan geotermal yang akan dilakukan di Gunung Ciremai nampaknya harus ditinjau ulang oleh pemerintah. Proyek ini sempat gagal dilaksanakan pada tahun 2015 silam. Kapasitas panas yang dihasilkan oleh Gunung Ciremai hanya berkisar antara 180 hingga 2000 derajat celcius,sedangkan yang dibutuhkan 2500 derajat celcius.

Hal tersebut disampaikan Afif Saefulmillah,S.Pd wakil sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Kuningan. 

“dampak sosial yang akan timbul juga harus dipikirkan. Jika pembangunan ini terjadi masyarakat akan menjadi resah, mereka berkaca kepada kejadian yang terjadi di Kabupaten Garut,pangalengan Bandung dan Mataloka Flores adalah bentuk empiris dampak buruk geothermal,” ujarnya.

Afif menambahkan, “peningkatan ekonomi masyarakat memang akan meningkat, tapi itu terjadi hanya pada saat pembangunan saja. Setelah pembangunan geothermal selesai di  apakah tanaman di Daerah mereka tidak akan kekurangan air, sedangkan sebagian besar mata pencaharian masyarakat kaki gunung Ciremai adalah sebagai petani.”

“Kami yakin pihak pemerintahan Kabupaten Kuningan tidak akan mengabaikan suara rakyat, mereka tidak akan membiarkan rakyatnya berada dalam kecemasan. Selain itu kami juga Insya alloh akan mengawal apabila ada peninjauan kelayakan  Gunung Ciremai yang akan dilakukan oleh pemerintah Pusat,” harapnya.(Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Sering kali Pemda yg jd sasaran tembak unras..
    Seolah2 kesalahan tertumpu di PemKab
    Sebagai Warga Kuningan, kita mesti berfikir obyektif ttg apa sebenernya yg terjadi..
    Kita semua masih meraba2 ttg dampak geothermal Ciremai, krn sosislisasi sangat minim
    Hak rakyat utk mendapatkan informasi jg sangat terbatas, yg pro mendukung yg kontra menolak keras dua kelompok ini kadang tdk didukung dg data dan informasi yg akurat
    Sy hanya ingin usul, agar Pemerintah Pusat dan Daerah mwnghadirkan pakar independen yg betul2 memahami ttg dampak geothermal, di hadapan dewan, unsur FKPD, Unsur Ilmuan Kuningan, pegiat lingkungan dan para tokoh agama/Masyarakat,LSM/Ormas peduli lingkungan dan duduk bersama dg akal jernih
    Semua bertukian utk kesejahteraan rakyat dan masa depan dan anak cucu kita kedepan..
    Seringkali opini2 yg digulirkan terseksan subyektif dan kecenderungan tanpa diimbangi dg data dan informasi akurat..
    Sekedar urun rembug
    Selaku ketua Senkom Kuningan
    Haturnuhun

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pembangunan Geothermal Harus Ditinjau Ulang Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan