728x90 AdSpace

Update
2 Oktober 2016

Parade Hijrah Tampilkan Kreasi Tradisional dan Modern


SuaraKuningan.com - Banyak masyarakat terutama generasi muda yang tidak tahu tahun dan bulan  hijriah, untuk itu Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan dalam rangka menyambut sekaligus mengisi datangnya tahun baru 1438 Hijriah menggelar acara yang diberi label "PARADE HIJRAH" yang berlangsung pada hari Minggu (2/10) atau 1 Muharam 1438 H.

Acara di isi dengan berbagai kegiatan, Malam Minggu yang merupakan malam ganti tahun diisi dengan Tabligh Akbar bersama Majelis Rosullullah (MR), hari Minggunya di isi dengan Parade Hijrah yang di isi dengan Lomba Drum band dan Seni Tradisional Rudat. Hari Senin tanggal 2 Muharam 1438 Lomba Kasidah Ibu - Ibu antar Kecamatandan hari Selasa akan diadakan Lomba Tumpeng dan Halokoh antara Ulama dan Umaro yang akan membahas masalah bunga Bank berdasarkan kajian Islam.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Bagian Kesra DR. H. Toto Toharudin M. Pd. di lokasi kegiatan menjelaskan bahwa acara tersebut sengaja diselenggarakan dalam rangka meningkatkan ukhuwah Islamiah sekaligus memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang makna pergantian tahun baru Islam atau Hijriah.

Sebagai umat terbesar dengan memeluk agama Islam maka pergantian tahun baru hijriah merupakan hal yang sangat penting dalam rangka mensyukuri hasil - hasil yang sudah didapatkan pada tahun sebelumnya. Dirinya merasa prihatin dengan masyarakat muslim yang dalam kehidupannya sudah banyak yang tidak mempergunakan kalender Hijriah sebagai titi mangsa dalam kehidupannya.

Padahal menurutnya, sangat penting agar kita tahu bagaimana perjuangan Rosullullah harus berhijrah dalam rangka menyelamatkan umat Islam pada waktu itu.

Ada 28 peserta Drum Band dari berbagai tingkatan pendidikan mulai dari SD sampai SLTA. Berdasarkan keterangan dari Koordinator Lomba, Dandy Hartawan yang berhasil keluar sebagai juara:
- Untuk Tingkat SD/MI, juara 1. MI PUI Desa Cipari, juara 2 SDN 1 Taraju, juara 3 SDN Sindangagung, The Best Mayoret SDN 1 Kadugede, Gita Pati SDN 17 Kuningan.
- Untuk Tingkat SMP/MTs.
Juara 1 SMPN 1 Keramatmulya, Juara 2 SMPN 7 Kuningan, Juara 3 SMPN 1 Kalimanggis. The Best Mayoret  SMPN 7, Gita Pati SMPN 1 Keramatmulya.
- Untuk Tingkat SMA/SMK/MA: Juara 1 SMK MODEL PATRIOT Ciawigebang, Juara 2 SMK KARNAS, Juara 3 SMK YAMSIK. The Best Mayoret SMKN 2 dan The Best Gita Pati SMK Model Patriot Ciawigebang. Pengumuman pemenang dilakukan hari itu juga sedangkan untuk pembagian tropi dan penghargaan lainnya akan diserahkan pada hari Selasa sekaligus dalam acara lomba tumpeng.(Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Parade Hijrah Tampilkan Kreasi Tradisional dan Modern Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan