728x90 AdSpace


 

Update
8 Maret 2018

Peran dan Fungsi Marketing Politik (Political Marketing)


Oleh: Ato Sugiarto
 
Diadopsi dari teori yang disampaikan oleh Firmanzah (2008).

1. Distribusi Informasi Politik
Marketing Politik mempunyai peran dan fungsi menyampaikan segala bentuk informasi berkenaan dengan kegiatan politik,  seperti proses dan tahapan pemilihan umum,  kontestan-kontestan politik yang berpartisifasi serta program kampanye yang diusung oleh peserta kontestasi. Tim sukses dalam hal ini adalah sebagai informan yang seyogyanya menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan kepentingan politik,  sehingga masyarakat sebagai calon pemilih mendapatkan informasi dan memahami proses kegiatan politik, calon-calon yang akan mereka pilih,  serta program pembangunan yang akan digulirkan. Melihat realita sosial hari ini dalam hal politik masyarakat lebih cenderung memilih calon karena pemberianya bukan karena penilaian secara kualitasnya. Sehingga baik kontestan maupun tim sukses harus lebih banyak lagi memberikan informasi tentang calon yang diusung, sampaikan kualitas individunya,  program-program yang akan digulirkanya,  atau bahkan inovasi pembangunan yang dikampanyekannya. 

2. Edukasi Politik
Masyarakat dalam kapasitas sebagai calon pemilih wajib hukumnya mengerti tentang kepentingan politik yang sedang berlangsung,  baik pilkada, pilpres dan pileg. Marketing politik mempunyai peran sebagai sarana pemberian pemahaman politik kepada masyarakat. Kontestan atau setidaknya tim sukses harus memposisikan diri sebagai pihak yang dapat mengedukasi masyarakat tentang politik dan kepentinganya,  seperti halnya calon-calon yang akan mereka pilih,  backgroundnya seperti apa,  kualitasnya bagaimana dan rekam jejak (track record)nya seperti apa dan bagaimana.  Ketika hal ini sudah tercipta,  maka akan terbentuk secara alami kelompok masyarakat sebagai pemilih yang cerdas, bukan pemilih yang asal-asalan,  asal ada uang nyoblos,  asal ada sembako milih.  Sehingga indikasi terjadinya praktek-praktek money politic atau black campaign dapat terminimalisir. 

3. Kesadaran Politik
Sebagai mana kita ketahui,  bahwa politik adalah kepentingan dan tanggung jawab bersama,  baik penyelenggara,  kontestan,  tim sukses maupun pemilih. Politik bukan hanya kepentingan segelintir orang,  kelompok elit atau kelompok yang berkuasa.  Tapi semua komponen masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab terhadap kepentingan dan kesuksesan gelaran pesta demokrasi dalam hal ini kegiatan politik. Marketing Politik yang disampaikan oleh kontestan atau tim suksesnya membantu memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang hak dan tanggung jawab serta kepentingan politik. Oleh karenanya masyarakat secara perlahan menyadari tentang kewajibanya dalam keterlibatan politik. Tetapi yang jadi permasalahan dilapangan adalah bagaimana salahnya kontestan atau tim sukses dalam upaya mengajak konsituen,  bukanya memberi penyadaran dengan hal-hal yang positif tapi lebih cenderung mengiming-imingi dengan feedback yang sifatnya sesaat. Maka harus disadar betul oleh kontestan maupun tim sukses bahwa masyarakat sebagai pemilih butuh disuguhkan dengan ajakan-ajakan partisipatif yang baik bukan sifatnya sogokan seperti money politic.

4. Partisipasi dan keterlibatan Politik
Peranan dan fungsi Marketing Politik yang terakhir adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam kepentingan politik. Kontestan atau tim sukses harus berupaya mem-push konsituennya agar secara aktif dapat terlibat dalam gelaran politik seperti kegiatan kampanye dan pelaksanaan pemilihan. Dengan adanya dorongan baik dari penyelenggara,  kontestan atau tim sukses serta tokoh masyarakat maka tingkat partisipasi masyarakat akan mencapai angka yang besar. Problem hari ini adalah semakin menurunya tingkat partisipasi dari masyarakat pada gelaran pemilukada,  sehingga butuh kerja ekstra bagi pihak penyelenggara,  kontestan, tim sukses dan kelompok lainya yang membantu secara aktif dalam prosesi pemilukada agar tingkat keterlibatan masyarakat dapat ditingkatkan.***

Penulis adalah Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Univ. Kuningan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Peran dan Fungsi Marketing Politik (Political Marketing) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan