Hot News
18 Maret 2018

Tumbuhkan Cinta Alam Kodim 0615/Kuningan Gelar Lomba Lintas Alam





suarakuningan.com - Dalam rangka menumbuhkan cinta terhadap alam sekitar  Kodim 0615/Kuningan menggelar Lomba Lintas Alam antar sekolah tingkat SMP dan SMA atau sederajat se-Kabupaten Kuningan (18/03).

Kegiatan ini,  dalam rangka pengkaderan generasi muda pecinta alam untuk disiapkan pada program-program kegiatan lanjutan terkait penjagaan ekosistem alam sekitar, kegiatan ini digelar sebagai bagian kegiatan komsos kreatif Kodim 0615/Kuningan sekaligus menyambut HUT Kodam III /Siliwangi,” ucap Dandim, Letkol Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM ,menjelang pelepasan para peserta di TMP Haurduni Kuningan. 

Kegiatan yang diikuti  peserta dengan 76 tim, terdiri dari 52 tim tingkat SMA, dan 24 tim tingkat SMP, dan masing-masing tim 5 orang tersebut, dengan route dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Haurduni, jalan Veteran – Kuningan, dan finish di TMP Samudra, atau di objek wisata Balong Dalem, Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, Kapolres Kuningan, AKBP Yuldi Yusman, Kasdim 0615/Kuningan, Mayor Inf Riza Taufiq Hasan, para Pasi Jajaran Kodim 0615/Kuningan, para Danramil jajaran Kodim 0615 /Kuningan, serta para pendamping peserta Lomba Lintas Alam, dari masing-masing sekolahnya.

Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto, bersama Kapolres Kuningan, AKBP Yuldi Yusman, mengajak para peserta Lomba Lintas Alam antar sekolah ini, untuk membangun interaksi dengan sekolah-sekolah dalam menyampaikan pesan kepada anak didiknya, agar cerdas dalam penggunaan jaringan internet dan media sosial, supaya tidak termakan berita hoax ujaran kebencian, dan isu SARA serta menjauhi Narkoba. 

Para peserta yang sudah terbagi dalam tim, kesemuanya wajib menyusuri rute yang telah ditentukan untuk bisa masuk penilaian. Dari start di TMP Haurduni, melaju ke Taman Kota Bungkirit, lanjut di Jalan Raya Sukamulya, kemudian Jalan Raya Cileuleuy, RS Sekar Kamulyan, masuk Taman Kota Mayasih, lalu ke Jalan Desa Cisantana, Lapang Bola Cisantana, Cigeureung Cigugur, masuk lagi Desa Gunungkeling, Desa Ragawacana, Desa Gandasoli, Desa Pajambon, Desa Sukamukti, Desa Sadamantra, Buper Sadamantra, dan sampai di finish TMP Samudra atau OW Balong Dalem.
Rute Lomba Lintas Alam tersebut terbagi menjadi 6 pos.

Pos 1 bertempat di Alun-alun Desa/Kecamatan Cigugur, para peserta di tes Pengetahuan Umum meliputi Agama, bahasa Inggris, matematika, sejarah perjuangan, info terkini. Selanjutnya, Pos 2 di lapangan bola Desa Gunung Keling, Kecamatan Cigugur, peserta di tes kemampuan ketangkasan lempar pisau dan kampak, serta pengetahuan tentang butir-butir Pancasila.

Di Pos yang bertempat di halaman Masjid Sukamukti, Kecamatan Kramatmulya, peserta diajak memainkan permainan tradisional, yaitu bakiak, engrang, dan nyuhun dingkul. Pos yang berlokasi di Obyek Wisata Balong Dalem, terbagi menjadi dua pos akhir,  peserta mendaptkan tes tentang titian satu tali, titian dua tali, jaring pendarat, lintas basah dan refling. Dan, Pos terakhir, peserta harus menyelesaikan tes Out Bond Wasbang, berupa yel-yel, senam atau joged maumere, senam pinguin dan pingpong.(cartas/kodim0615/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Tumbuhkan Cinta Alam Kodim 0615/Kuningan Gelar Lomba Lintas Alam Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan