Iklan Google 728

11 Mei 2019

Mencari Keberkahan Malam Nuzulul Quran


Oleh : Muthia Al Mira (Anggota PC IPPNU KUNINGAN)

Seperti yang kita ketahui bahwa kalender hijriyah terdapat 12 bulan dan diantaranya terdapat 3 bulan yang dimuliakan oleh alloh yaitu Rajab, Sya’ban dan Ramadhan.

Dan dari situ terdapat banyak hikmah yang bisa kita ambil didalamnya seperti pada bulan Rajab dimana bulan tersebut adalah bulan yang didalamnya terdapat peristiwa penting yang hanya terjadi sekali seumur hidup manusia,yaitu Isra mi’rajnya nabi Muhammad SAW dan disitulah pertama kali alloh memerintahkan kepada seluruh manusia untuk menjalankan solat 5 waktu.

Juga pada bulan sya’ban dimana seluruh catatan amal kita selama setahun akan ditutup dan kita akan membuka buku amalan baru. Tak kalah lebih hebat dari itu,dibulan ramadhan pun terdapat peristiwa yang amat sangat menakjubkan yang mana tepat pada tanggal 17 ramadhan Alloh ta’ala menurunkan mu’jizat terbesar kepada kanjeng Nabi Muhammad SAW,yang mana dengan diturunkanya al quran. Seperti dalam firmanNya dalam Surat Al Qadr ayat 1: yang artinya ”sesungguhnya kami telah menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi” tersebut adalah untuk dijadikan sebagai pedoman hidup manusia di seluruh dunia.


Dari situlah malam tersebut diperingati sebagai “Malam Nuzulul Quran” atau yang berarati malam diturunkanya al quran ,dan dimana malam tersebut juga seringkali banyak umat muslim dipenjuru dunia berbondong bondong untuk melakukan i’tikaf (Berdiam diri dimasjid) dengan melakukan rangkaian ibadah seperti sholat sunnah dan berlomba lomba dalam mengkhatamkan al quran.

Pada malam inilah merupakan bagian dari beberapa malam yang termasuk malam yang yang dipenuhi dengan limpahan rahmat karna pada tanggal 17 ramadhan ini terdapat dua hal yang terjadi diantaranya perang badar dan juga malam diturunkanya al quran,inilah momen bersejarah yang tak kalah pentingnya bagi ummat muslim di seluruh penjuru dunia.

Semoga kita dapat memanfaatkan malam nuzulul quran dengan sebaik baiknya. Mungkin sekian yang dapat saya tulis,semoga bermanfaat bagi sesiapapun yang membacanya**
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mencari Keberkahan Malam Nuzulul Quran Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan