728x90 AdSpace

29 Mei 2019

Sahabat, Jangan Sia-siakan Ramadhan


 oleh: Hazna

Assalamualaikum sahabat, bagaimana kabarnya nih? Gak kerasa ya sekarang kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan lagi.

Menurut sahabat momen apa sih yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan datang? Kalo aku pribadi banyak banget momen yang aku rindukan , seperti tadarus Al-Qur’an di masjid sampai larut malam, itikaf, ngabuburit bareng teman-teman, dan masih banyak lagi.

Di pembahasan aku kali ini, aku ingin membahas mengenai Hikmah Ramadhan, teman-teman pasti sudah tau, bahwa bulan Ramadhan ini adalah bulan yang sangat mulia, dan sangat dinanti oleh seluruh umat muslim didunia. Mengapa sih bulan Ramadhan termasuk bulan yang sangat dinanti oleh umat muslim? Karena bulan Ramadhan ini sering disebut juga bulan penuh ampunan, dimana setiap umat muslim memanfaatkan momen ini untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

Seperti dalam sebuah hadist “ Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni” (HR. Bukhori no. 38 dan Muslim no. 760) . Selain itu juga, bulan Ramadhan adalah bulan dilipat gandakan segala amal kebaikan yang kita perbuat, makanya dibulan ini orang muslim berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, salah satunya dalam beribadah.

Oh iya sahabat, di desamu ada tradisi apa untuk menyambut bulan Ramadhan? Kalo di desaku satu malam sebelum masuk bulan Ramadhan, ada pelaksanaan pawai obor, yang dilaksanakan ba’da isya, kegiatan ini diikuti oleh semua kalangan, dimulai dari santriwan santriwati, para pemuda dan pemudi, ibu-ibu, dan juga bapa-bapa. Dimalam ini tak hanya obor saja yang dibawa, ada yang sengaja membuat lampion dengan bentuk-bentuk lucu untuk menambah kesan klasik dalam kegiatan ini, diiringi oleh tabuhan marawis dan solawat dari santriwan dan santriwati, menjadikan malam begitu hangat.

Sahabat, sadar atau tidak sadar bulan Ramadhan ini telah melatih kedisiplinan dan menjaga tubuh kita agar tetap sehat loh. Bagaimana tidak, saat berpuasa kita melakukan makan dan minum secara teratur. Menurut penelitian dokter,  puasa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh seperti : Menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, melindungi otak, bikin awet muda dan memperpanjang umur, jadi bagi kamu yang ingin awet muda banyak-banyakin puasanya hehe. Dan tanpa kita sadari secara tidak langsung kita telah rutin melakukan olahraga loh.

Sahabat tau tidak? Di bulan Ramadhan kita melaksanakan shalat lebih dari 17 rakaat setiap harinya, seperti menyempurnakan shalat dengan rawatib, dan melaksanakan shalat tarawih serta witir, itu adalah sebuah olahraga yang tanpa kita sadari telah kita lakukan saat bulan Ramadhan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari setiap gerakan shalat yang kita kerjakan, bukan hanya bagi kesehatan tubuh, tapi juga bagi ketenangan jiwa dan hati kita.

Dibulan Ramadhan ada satu malam yang ganjarannya lebih baik dari 1000 bulan, ada yang tau apa namanya? Ya namanya adalah malam Lailatul Qadar, Masya Allah sungguh mulia sekali ya bulan Ramadhan ini. Makanya setiap 10 hari terakhir bulan Ramadhan, banyak orang muslim yang melakukan itikaf, dan berharap mendapatkan malam yang mulia itu.






Allah Ta’ala berfirman, “ Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi, dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan [44]: 3-4). Sungguh orang yang dapat memperoleh Lailatul Qadar adalah orang yang sangat mulia.

Jadi sahabat, kita harus memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti tadarus Al-Qur’an, memperbanyak shalat sunah, dzikir dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat yang Sahabat.

Maaf ya jika dalam penulisan masih banyak yang tidak singkron, aku masih belajar hehe. Dan semoga kita bisa merasakan Ramadhan tahun-tahun berikutnya Aamiin….
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarrokatuh…

Facebook     : Hazna Siti Nurhasanah
IG         : Haznasiti_


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Sahabat, Jangan Sia-siakan Ramadhan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan