Hot News
7 Agustus 2019

LPPL Kuningan Percontohan LPPL di Jawa Barat, Harus Segera Simulcast

suarakuningan.com - Lembaga Penyiaran Publik Lokal Kuningan (LPPL) Kuningan berdasarkan pengamatan merupakan LPPL Ideal yang menjadi percontohan LPPL di Jawa Barat.

Selain beragam award yang diterima LPPL Kuningan, yang lebih menonjol adalah LPPL Kuningan memiliki dua lembaga penyiaran, yakni Radio Kuningan FM dan TV-KU. Kabupaten-kabupaten di Jawa Barat yang akan mengajukan permohonan untuk menyelenggarakan lembaga penyiaran menjadikan LPPL Kuningan sebagai tujuan studi banding.

Kondisi ini terungkap saat Mang Sukun berdialog dengan Konsultan TV dan praktisi penyiaran saat menjajagi peluang digitalisasi suarakuningan sebagai media digital yang dapat mengikuti perkembangan dan regulasi baru seiring terbitnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informastika Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Penyiaran Simulcast dalam Rangka Pesiapan Migrasi Sistem Penyiaran Televisi Analog ke Sistem Penyiaran Televisi Digital.

Dalam Permen Kominfo Nomor 3 Tahun 2019, Pasal 3 ayat (2) menegaskan bahwa Penyelenggaraan Siaran Digital sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat dilaksanakan oleh: LPP TVRI, LPPL, LPS dan LPK yang telah "memperoleh Izin Penyelenggaraan Penyiaran dan Bersiaran Secara Analog" dan Lembaga Penyiaran yang memperoleh Izin Penyelenggaraan Penyiaran secara Digital.

Permen ini menegaskan keharusan LPPL juga untuk mengikuti penyelenggaraan siaran secara simulcast. Dimana pada pasal 4 Permen ayat (1) Menteri menetapkan tahapan pelaksanaan penyelenggaraan penyiaran Simulcast.

Perpanjangan perijinan yang merupakan syarat mutlak dapat dilakukan secara online melalui web Sistem Informasi Manajemen Perizinan Penyelenggaraan Penyiaran (SIMP3) untuk e-penyiaran di SIMP3 | Kominfo  (red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: LPPL Kuningan Percontohan LPPL di Jawa Barat, Harus Segera Simulcast Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan