Hot News
7 Agustus 2019

Mengenal GEMA JABAR HEJO



suarakuningan.com - GEMA JABAR HEJO adalah Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan, suatu gerakan kepedulian terhadap lingkungan alam yang semakin kritis keberadaannya, kerusakan alam demikian merata dimana-mana, sehingga mengakibatkan berbagai bencana.

Bencana yang terjadi saat ini adalah bencana spontan yang terjadi karena ketidak mampuan daya dukung alam dalam menghadapi fenomena alam yang wajar. Hujan adalah hal yang wajar demikian juga dengan musim kemarau adalah hal yang wajar di negara tropis seperti Indonesia.

Yang tidak wajar adalah kondisi lingkungan dan alamnya saat ini yang semakin kritis, sehingga musim hujan yang wajar saja akibatnya sungguh luar biasa, bisa menimbulkan bencana banjir.

Sejalan dengan itu maka GEMA JABAR HEJO memiliki visi bagi terbangunnya kesadaran masyarakat agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan alam, serta menjadi organisasi yang mewadahi orang-orang yg memiliki kepedulian terhadap pelestarian  lingkungan alam.

Adapun misinya adalah melakukan suatu upaya rehabilitasi bagi lingkungan hidup yang saat ini mengalami degradasi.

Upaya upayanya diantaranya : (1). Melakukan survey dan pemetaan bagi  area kritis yang memiliki akses sebagai fungsi hydrologis, hal tersebut berguna sebagai bahan kajian dan landasan bagi kegiatan rehabilitasi. (2). Melakukan penanaman pohon secara terpadu dan berkesinambungan, maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan rehabilitasi alam. (3). Melakukan sosialisasi secara systematis kepada masyarakat dan pelajar mengenai pentingnya upaya pelestarian lingkungan alam.(4). Berperan sebagai trigger ( pemicu ) bagi tumbuhnya kepedulian terhadap lingkungan di masyarakat, serta menjadi  mitra bagi pemerintah maupun kelompok peduli lainnya dalam kegiatan pelestarian alam.

Demikian sekilas Jabar Hejo. (Andien/Jabar Hejo Kuningan/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mengenal GEMA JABAR HEJO Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan