Iklan Google 728

21 September 2019

BTS SMAN 1 Garawangi

suarakuningan.com - Bimbingan Teman Sebaya (BTS) merupakan salah satu program Bimbingan Konseling (BK)di sekolah. Pola bimbingan ini dilakukan oleh siswa terhadap siswa lainnya atau teman sebaya. Tujuan BTS menurut salah satu guru BK, Drs. H. Yayat Iman Hikayat adalah  untuk membantu siswa yang mempunyai masalah dimasa remaja.

Pembekalan dan pelatihan BTS  SMAN 1 Garawangi dilaksanakan Sabtu (21/9).  Diikuti 40 siswa yang merupakan perwakilan kelas x dan xi. Mereka mendapat  pembekalan  materi  untuk menjadi siswa bantuan (sisban). Materi tersebut adalah:
1. Remaja dan permasalahan, pemateri Drs. H. Rukadi, M.Pd.
2. Pemahaman diri, pemateri H. Ikhsan, M.Pd.
3. Psikologi Perkembangan, pemateri Aam Amaliyanti, M.Pd.
4. Karakteristik masalah peserta didik, pemateri Uci Wikara, S.Pd.
5. Bimbingan teman sebaya, pemateri Hj. Wiwin Winarsih, S.Pd.
6. Komunikasi  konseling, pemateri Drs. H. Yayat Iman Hikayat.

Menurut Agis, salah satu peserta mengungkapkan ketertarikannya kepada program BTS. "Kita  bisa belajar bagaimana cara mengetahui karakter teman, dipercaya untuk menjadi pundak teman  saat mereka butuh, dan bisa mengetahui banyak hal  dari masalah yang mereka curahkan kepada kita sebagai sisban", ujarnya.

Hal ini senada dengan harapan Hj. Wiwin Winarsih, S.Pd. sebagai konselor kelas x dan xii IPS. "Biasanya remaja untuk masalah tertentu lebih terbuka kepada teman seusianya daripada kepada orang dewasa atau orangtua", ujarnya.

Di akhir wawancara Wiwin mengatakan bahwa adanya tindakan preventif akan mencegah terjadinya masalah yang lebih serius diantara remaja.(Yuniawati/Bayu)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: BTS SMAN 1 Garawangi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan