728x90 AdSpace

Update
28 Oktober 2020

PSK Gelar Kolaborasi Seni “Bangkit Pemuda” 2020 Secara Virtual

suarakuningan.com - Selama enam hari dari tanggal 23-28 Oktober 2020, di Gedung Kesenian raksawacana Kuningan telah terjadi kolaborasi seni secara virtual yang digagas oleh Paguyuban Seni Kuningan (PSK). 

Bangkit Pemuda menjadi judul acara, sedangkan beragam topik talkshow diangkat pada obrolan musik, sastra, seni rupa, film, fotografi, teater, juga dialog seni dan kebudayan bersama DISDIKBUD Kabupaten Kuningan dan Dewan Kebudayaan Kuningan secara virtual.

 

Pada Puncaknya, 28 Oktober, pertunjukan virtual digelar dengan menampilkan pertunjukkan Siswa SD IT Al-Istiqomah, Siswi Sekolah linimasa, Siswa SMA Negeri 1 Cigugur, Dapur Sastra Kuningan, Teater Lingkaran, Pencak Silat Awirarangan, Ruang Hidup, dan beberapa kelompok musik asal Kuningan seperti K-Town, Klinting Modern, juga pembacaan puisi dan cerpen oleh mahasiswa dan dosen. Semua ditampilkan di atas panggung dengan background video mapping yang berkolaborasi dengan beberapa visual artist muda Kuningan dan disiarkan langsung di Instagram @paguyubansenikuningan yang selanjutnya akan tayang pada chanel youtube paguyuban seni kuningan di awal November.

 

PSK (Paguyuban Seni Kuningan) adalah sebuah platform seni dan budaya yang didirikan pada awal 2020 pasca kisruh penggunaan Gedung Kesenian Raksawacana Kuningan. Didirikan oleh seniman dan  komunitas seni yang ada di Kuningan, PSK berlokasi di gedung kesenian raksawacana Kuningan, sebuah ruang yang akan berubah menjadi ruang lintas disiplin yang bertujuan untuk mengelola, mengembangkan dan membangun sistem dukungan terpadu, sebagai sarana berbagai komunitas dan bakat-bakat kreatif untuk dapat tumbuh dan berkembang.

 

Melalui platform ini berbagai jaringan akan saling bertemu dan berkolaborasi untuk dapat saling bertukar pengetahuan dan ide-ide guna mendorong lahirnya berbagai pemikiran kritis, kreativitas serta inovasi-inovasi yang segar, juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk terus merangsang iklim dialog positif serta produktif di antara berbagai  perkembangan seni antar komunitas seni khususnya di Kuningan. Kerjasama yang baik antara PSK dengan para pemangku kepentingan seperti seniman dan komunitas seni lainnya, pada gilirannya akan menggairahkan semangat untuk terus berkarya dan menumbuhkan apresiasi seni dan kebudayaan di masyarakat luas, sehingga perkembangan kesenian di Kuningan akan semakin tumbuh dan meluas di nusantara.***


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: PSK Gelar Kolaborasi Seni “Bangkit Pemuda” 2020 Secara Virtual Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan