728x90 AdSpace

Update
20 Oktober 2016

Hima PBSI Gelar Semarak Bulan Bahasa dan Seminar Nasional



SuaraKuningan.com - Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Seminar Nasional dengan tema “Lingkari Bahasa Dengan Sastra” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan, Kamis (20/10).

Ketua Hima PBSI Luthfi Ahmad Fadilah ketika ditemui usai upacara pembukaan, mengatakan, bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah Bahasa Bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya menyatakan bahwa Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Nasional sekaligus Bahasa pemersatu bangsa. Oleh karena itu, pada bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa.

“Bukan hanya dalam rangka Sumpah Pemuda saja, tetapi Bulan Bahasa sebagai salah satu Program Kerja (Proker) dari Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang sudah menjadi agenda tahunan (rutin) digelar,” tuturnya.

Selain itu, Luthfi menjelaskan, pada rangkaian kegiatan Bulan Bahasa tahun ini, pihaknya menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya Lomba Stand Up Comedy tanggal 20 Oktober atau lebih tepatnya Hari ini, Festival Drama Bahasa Indonesia tanggal 21-23 Oktober di Gedung Kesenian Kuningan dan Seminar Nasional tanggal 29 Oktober.

“Untuk narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional kali ini adalah Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., (Ketua Ikatan Keluarga Program Studi Bahasa Indonesia atau IKAPROBSI), Prof. Dr. Suherli Kusmana, M.Pd., (Ketua Ikatan Pengajar Bahasa Indonesia atau IPBI) dan Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., (Ketua Apiliasi Pengajar Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing atau APBIPA). Kegiatan Seminar Nasional ini bekerjasama juga dengan MPBI Pascasarjana Unswagati Cirebon,” jelasnya.

Ditambahkannya, di dalam Seminar Nasional yang bertemakan Membangun Literasi sebagai Tonggak Peradaban Bangsa tersebut akan menampilkan pemakalah utama dan pemakalah pendamping dari para peserta. Bahkan, insyaallah kita juga akan melaksanakan sesi bincang-bincang bersama Miftah selaku Penggagas Perpustakaan Perahu.

“Iya, kita akan melaksanakan sesi bincang-bincang dengan Perpustakaan Perahu – Berlayar untuk membudayakan literasi di Indramayu,” tambahnya.

Sementara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi para panitia kegiatan Semarak Bulan Bahasa yakni Hima PBSI yang selalu konsisten menyelenggarakan kegiatan ini.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hima PBSI atas terselenggaranya kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Seminar Nasional,” tuturnya.

Selain itu, Anna mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan acara Semarak Bulan Bahasa dan Seminar Nasional yang digagas oleh Hima PBSI ini bagi para sponsor, donatur dan sebagainya atas peran sertanya.

“Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi para generasi penerus bangsa, khususnya para mahasiswa dalam hal bahasa, seni dan budaya dengan diharapkan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kualitas berbahasa,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., dengan didampingi Sekretaris Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Ida Hamidah, M.Pd., Dosen PBSI Dr. Yusida Gloriani, M.Pd., Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Ahid, Ketua Hima dari masing-masing Prodi yang ada di lingkungan FKIP dan tamu undangan lainnya.(AsepSupriadi/UNIKU/Rilis/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Hima PBSI Gelar Semarak Bulan Bahasa dan Seminar Nasional Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan