728x90 AdSpace

Update
9 Oktober 2016

Kepala Desa Sakerta Timur Pimpin Rombongan Bantu Korban Bencana



SuaraKuningan.com - Allah maha Kuasa dan Maha berkehendak itulah kesimpulan yang bisa kita simpulkan setelah melihat secara langsung bekas terjadinya Bencana Banjir Bandang yang terjadi di Kabupaten Garut pada tanggal 20 September 2016. Kalau melihat situasi di tempat kejadian sepertinya mustahil bisa terjadi banjir bandang sebab sungai yang ada disana besar - besar dan bisa menampung air bah yang mungkin datang secara mendadak, tapi itulah yang terjadi dan mempertegas bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT. Kalau sudah berkehendak maka apapun pasti terjadi.

Dalam rangka meringankan beban penderitaan korban bencana,  Kepala Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Cucu Sudrajat beserta seluruh Perangkat Desa lainnya datang berkunjung ke salah satu lokasi bencana yang ada di Kabupaten Garut yaitu ke Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Desa tersebut termasuk yang mengalami bencana agak parah karena dari 11 RW. yang tekena genangan air banjir sebanyak 6 RW. terdapat 183 KK.

Rombongan aparat Desa Sakerta Timur datang ke lokasi sekitar pukul 20.00 WIB. dengan didampingi Babinsa, Sersan Dua TNI. Ansori. dan disana sudah menunggu Kepala Desa Sukaratu, Udin Samsudin dan beberapa orang aparat desa lainnya, bantuan yang terdiri dari Beras, Pakaian, Mi Instan, Kueh kering dan Air Mineral waktu itu juga diserahkan oleh Kepala Desa Sakerta Timur Cucu Sudrajat dan langsung diterima oleh Kepala Desa Sukaratu Udin Samsudin.

Cucu Sudrajat menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya merupakan sebagian kecil kebaikan yang diberikan oleh masyarakatnya terhadap saudara - saudara yang mengalami musibah yang cukup menggemparkan tersebut, Kuwu Cucu juga ikut mendoakan semoga para korban terlebih yang ditinggalkan oleh keluarganya dalam musibah tersebut semoga diberi ketabahan.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Kuwu Cucu kepada masyarakat Desa Sakerta Timu yang dalam waktu 1 hari telah mampu mengumpulkan bantuan sebanyak itu, ini merupakan kesadaran yang luar biasa, ada motivasi bagi masyarakat Desa Sakerta Timur karena Desa tersebut beberapa tahun yang lalu pernah mengalami bencana gempa bumi dan bantuan berdatangan dari mana - mana.

Kepala Desa Udin atau di Kabupaten Garut biasa disebut Lurah Udin menyampaikan rasa terimakasihnya Kepada Kepala Desa Sakerta Timur beserta Perangkat dan seluruh Masyarakatnya yang telah berkenan memberikan bantuan untuk para korban bencana banjir bandang, desa Sukaratu mempunyai penduduk sebanyak 7.856 Orang yang tersebar di 11 RW, tapi yang terkena bencana hanya 6 RW sebanyak 183 orang. 

Lurah Udin berjanji akan menjaga amanah yang telah diberikan dengan menyalurkan bantuan tersebut secara adil dan benar sesuai dengan data yang ada. Pantauan "Mang Sukun" di Kantor Pemerintahan Desa Sukaratu yang merupakan Posko Penanggulangan Bencana terlihat berbagai macan bantuan yang hampir memenuhi ruangan Kantor tersebut, kebanyakan Mi Instan, Beras, Pakaian, Kueh Kering dan Air Mineral. 

Khusus warga Desa Sukaratu dalam musibah yang terjadi tengah malam tersebut yaitu sekitar pukul 00.00 WIB dan baru berakhir sekitar Pukul 04.00 WIB. tidak ada korban jiwa, tapi di lokasi tersebut ada beberapa warga lain yang hanyut masuk sungai di sekitar desa itu dan entah terbawa hanyut kemana karena tidak ada yang berani  melakukan pertolongan saking besarnya air bah. Kantor Bale Desa Sukaratu sendiri terendam setinggi 3 meter sehingga hanya tinggal terlihat atapnya saja.

Rombongan Pengantar bantuan dan Kuwu Cucu menginap semalam di Kantor Bale Desa Sukaratu, baru paginya pulang lewat Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang yang daerahnya terendam Waduk Jati Gede.(Jon's)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kepala Desa Sakerta Timur Pimpin Rombongan Bantu Korban Bencana Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan