Hot News
10 Oktober 2016

Pengenalan Dini Adiksi Terhadap Siswa SMP IT Al-Multazam

SuaraKuningan.com - Meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja khususnya pelajar sudah sangat mengkhawatirkan. Sebab sudah banyak para pelajar menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, pencegahan mulai sejak dini harus dilakukan. Hal itu ditegaskan Indra seorang mantan pecandu narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi di Rumah Damping Tenjo Laut yang merupakan yayasan dibawah koordinasi BNN Kabupaten Kuningan.  Saat memberikan materi Pengenalan Dini Adiksi terhadap 206 siswa laki-laki SMP IT Al-Multazam pada Senin (10/10).

Adiksi merupakan suatu kondisi ketergantungan fisik dan mental terhadap hal-hal tertentu yang menimbulkan perubahan perilaku bagi orang yang mengalaminya. Dalam adiksi, terdapat tuntutan dalam diri penyalahguna narkoba untuk menggunakan secara terus menerus dengan disertai peningkatan dosis terutama setelah terjadinya ketergantungan secara fisik dan psikis serta terdapat pula ketidak mampuan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi narkoba meskipun sudah berusaha keras. 

Kepada ratusan siswa dan guru yang mendampingi, Indra menjelaskan bahwa adiksi narkoba bisa menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, mulai dari pelajar, mahasiswa, artis, PNS, polisi,bahkan pejabat dan profesor pun ada yang terjerat narkoba. Artinya tidak ada satupun profesi yang terbebas dari adiksi narkoba. 

Indra juga menambahkan bahwa masa remaja sangat rentan terkena narkoba karena sedang masa pubertas dan rasa ingin coba-cobanya sangat tinggi. Hal ini harus di cegah karena penyebab yang ditimbulkan dari narkoba sangat fatal karena bisa menimbulkan penyakit kronis.

Penyuluhan narkoba ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh siswa SMP Al-Multazam sejak tahun 2012. Menurut Arif selaku koordinator Siswa, setiap siswa kelas 8 wajib mengikuti penyuluhan narkoba karena berkaitan dengan mata pelajaran IPA yang ada disekolah. 

Uniknya, pemateri penyuluhan tersebut dilakukan oleh para mantan pecandu narkoba, sehingga penyampaiannya pun akan lebih dimengerti oleh para siswa. Penyuluhan yang didampingi oleh Juju Junaedi Direktur Yayasan Tenjo Laut  dan para mantan pecandu narkoba berjalan lancer dan penuh antusias.

Sementara itu, salah satu siswa bernama Galuh mengaku mendapat banyak pengetahuan mengenai bahaya narkoba. " Saya senang bisa belajar lebih banyak tentang narkoba, sehingga saya tahu harus menghindarinya karena sangat berbahaya untuk masa depan saya", ujarnya.

Tidak hanya penyuluhan, para siswa diajak berkeliling tempat rehabilitasi serta diberi pengetahuan umum mengenai tempat tersebut yang di dampingi oleh para mantan pecandu narkoba. Sesi tanya jawab antara siswa dan mantan prcandu menjadi momen yang berkesan bagi para siswa sekolah Islam Terpadu ini. (NK/BNNK-Kuningan/Rilis)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pengenalan Dini Adiksi Terhadap Siswa SMP IT Al-Multazam Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan