728x90 AdSpace

Update
28 November 2016

Kendati Telah Lulus UKW, Ketua PWI Ikuti Sekolah Jurnalisme Indonesia



Suarakuningan.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., dikirimkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) selama dua minggu dari tanggal 28 November-10 Desember 2016 pada Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Angkatan II di Bandung.

Pengiriman orang nomor satu di lingkup organisasi profesi kewartawanan tertua di wilayah Kabupaten Kuningan tersebut, untuk kembali menambah wawasan, pengetahuan dan penguasaan dunia jurnalistik yang semakin berkembang secara dinamis agar bermanfaat bagi dirinya dan organisasi yang dipimpinnya.

“PWI Kabupaten Kuningan mendapatkan satu kouta untuk mengikuti pendidikan di SJI dan ini merupakan kesempatan dan peluang yang jarang sekali terjadi sehingga kami mengirimkan Pak Ketua Iyan Irwandi, S.IP., saja yang juga wartawan Harian Umum Kabar Cirebon,” ujar Sekretaris PWI Kabupaten Kuningan, H. Wawan Hermawan, Jr., Senin (28/11).

Lebih lanjut dikatakan Wawan, Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., selain pernah mengikuti pelatihan Karya Latihan Wartawan (KLW) PWI, juga telah mengantongi kartu wartawan profesional karena telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2012 lalu, sehingga namanya terdata di data base Dewan Pers.

Untuk itu, ia berharap, dengan adanya penambahan wawasan dan pengetahuan tentang jurnalistik, dapat memperkaya pembendaharaan ilmu kewartawanan yang nantinya dapat ditularkan ke seluruh para pemburu berita yang berada di lingkup organisasi PWI Kabupaten Kuningan.

“Selama pendidikan dan pelatihan di Sekolah Jurnalisme Indonesia Angkatan II, Pak Ketua PWI Kuningan beserta para peserta akan digembleng berbagai pengetahuan jurnalis oleh para tenaga pengajar  yang berkompeten di bidangnya. Dilanjut ujian akhir dan bagi yang lulus, bakal diwisuda di akhir acara,” jelasnya.

Berdasarkan rangkaian kegiatan pelatihan, mata pelajaran yang bakal disampaikan terdiri dari kuliah perdana oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, filosofi dasar profesi jurnalisme, teknik wawancara, dasar-dasar manajemen pers, dasar-dasar penulisan berita, etika jurnalisme, prinsip-prinsip praktis jurnalis profesional, mencari dan mengembangkan berita.

Pengenalan jurnalisme siber, pengetahuan umum bagi jurnalis, hukum pers, pengenalan feature, bahasa Indonesia jurnalistik, jurnalisme foto, dasar-dasar penulisan media online, dasar-dasar jurnalisme penyiaran, praktek perencanaan isi media dan pembuatan TOR, praktek reporting dan penulisan, praktek grafis dan cetak media, ujian akhir esay dan wawancara, pemeriksaan hasil ujian akhir dan pengumuman kelulusan. (Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kendati Telah Lulus UKW, Ketua PWI Ikuti Sekolah Jurnalisme Indonesia Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan