728x90 AdSpace

Update
14 Desember 2016

Demi Cinta, Kang Agoy Rela Bersepeda Ciamis-Bandung



suarakuningan.com - Jika orang sudah sangat mencintai, apapun akan dilakukan untuk mengekspresikan cintanya. Demi cinta, seorang pemuda rela menempuh ratusan kilometer Ciamis - Bandung dengan bersepeda.

Cintanya Yoga (30) bukanlah cinta pada lawan jenis, tetapi kecintaannya pada lingkungan hidup membuatnya rela menempuh panas dan hujan berkumpul dengan komunitas pelestar budaya dan lingkungan di kulawarga Bumi Adat Gotrabinekas.

Dengan agenda hamemayu hayuning buana, Yoga sengaja bersepeda menuju Bandung hanya untuk "mulasara" (melakukan pelestarian) Hulu Cai Babakan Siliwangi. Salah satu pemilik pin 

"Mata air Babakan Siliwangi yang berada di tengah kota Bandung, sangat rawan untuk punah. Keprihatinan ini juga pernah disampaikan Kang Emil (Ridwan Kamil, Walikota Bandung) beberapa tahun silam. Hasil pantauan masyarakat yang peduli lingkungan, bahwa mata air Babakan Siliwangi yang semula berjumlah 16 titik, kini hanya tersisa dua. Itu pun satu sudah sangat memprihatinkan," terang jejaka yang kerap dipanggil Kang Agoy.

Pengrajin panahan ini melanjutkan,"Seusai mulasara dengan merapihkan kondisi sekitarmata air Babakan Siliwangi, kami melakukan prosesi "Neundeun Larangan" (menerapkan pantangan). Bukan bentuk "pamali" seperti halnya nenek moyang kita dulu, tapi cukup dengan aturan-aturan yang dipahami untuk disampaikan pada para pengunjung di sana. Pihak pemerintahan di sana pun cukup antusias merespon aktivitas kami. Mereka faham bahwa ini kepentingan bersama. Bukan soal "rebutan" lahan kerjaan. Malah mereka berterimakasih atas perhatian kita."

Kang agoy salah satu pemilik pin kehormatan "Kembang Darma Mahakarya" yang merupakan simbol anugrah apresiasi bagi orang-orang yang telah nyata-nyata berkarya nyata di bidang lingkungan dan budaya dari kulawargi Bumi Adat Gotrabinekas.

Mang Sukun berkesempatan berbincang, saat Kang Agoy pulang dari Bandung dengan bersepeda melalui Kuningan. Di Desa Bakom Darma, salahsatu kawargian komunitas Saung Indung, Agus menerima transit. Sekaligus berbincang panjang lebar tentang kegiatan Hamemayu Hayuning Buana.

Sore hari, kang agoy kembali mengayuh sepeda untuk menyusuri ruas jalan rute Kuningan - Ciamis.(dan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Demi Cinta, Kang Agoy Rela Bersepeda Ciamis-Bandung Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan