Hot News
9 Desember 2016

Guru Madrasah di Kuningan Terapkan Lesson Study

Guru-guru madrasah sedang berkumpul PLAN MGMP di Kuningan  Utara

suarakuningan – Selama ini, banyak kegiatan proses belajar mengajar di kelas monoton, satu arah dalam pembelajaran. Sehingga siswa menjadi bosan dalam belajar. Hal ini menjadi perhatian serius kalangan pendidik dan praktisi pendidikan dalam memperbaiki mutu kualitas pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada naiknya prestasi siswa. 

Salah satu program peningkatan mutu kualitas pembelajaran adalah melalui kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) se KKM Kuningan Utara.

Drs. H. Undang Munawar, M.Pd, Kepala Kementerian Agama Kab. Kuningan mengaku terbantu dengan pelaksanaan kegiatan MGMP pasca pelatihan yang diselenggarakan USAID PRIORITAS, “sebagai kepala Kemenag, saya serius ingin meningkatkan mutu pengajaran guru-guru madrasah, salah satu follow upnya adalah pelaksanaan rutin pertemuan MGMP bagi guru-guru madrasah”, jelas Undang, panggilan akrabnya, ketika ditemui di kantornya, Jum’at (09/12).

Undang menambahkan, pelatihan di setiap KKM telah selesai dilaksanakan di Kabupaten Kuningan, “Setelah kementerian Agama Kab. Kuningan melaksanakan kegiatan bersama USAID PRIORITAS di wilayah Kuningan Utara, Timur, Selatan dan Tengah dan setelah itu guru-guru mengadakan pertemuan di MGMP setiap wilayah” tambahnya.

Selain kepada guru MTs, pelaksanaan ini juga diharapkan melibatkan kepala MTs untuk ikut serta dalam menyusun rencana dan mengetahui seperti apa kebutuhan guru di lapangan, guru-guru MTs yang terlibat di MGMP ini menerapkan model lesson study

“Pelaksanaan pertemuan guru madrasah ini dengan model lesson study, yaitu menerapkan tiga hal, Plan, Do dan See. Plan direncanakan di MGMP, kemudian See dilaksanakan di madrasah masing-masing dan setelah itu ada see. Termasuk di dalamnya bagaimana menciptakan pembelajaran yang kooperatif dalam menjangkau seluruh siswa dan budaya baca” ujar Nana Nuryatna, Ketua Satuan Kerja (satker) KKM MTs Kuningan Utara. (Ahmad Syaiful Bahri/USAID PRIORITAS – DC Kuningan Jawa Barat/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Guru Madrasah di Kuningan Terapkan Lesson Study Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan