728x90 AdSpace

Update
21 Januari 2017

Bupati Kuningan Resmikan Kantor UPK Mekar Mandiri Cigandamekar



Suarakuningan.com – Sabtu (21/1), Kantor Unit Pengelola Kegiatan (UPK) “Mekar Mandiri” Kecamatan Cigandamekar diresmikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan Rasa Bangga dan Apresisasi kepada Jajaran Pengurus UPK dan BKAD dsan kelembagaan lainnya yang dapat menyelenggarakan Peresmian Gedung Kantor UPK “ MEKAR MANDIR” , yang tentunya acara ini memiliki makna yang strategis khususnya bagi Pemerinatah Daerah.

“karena moment ini membuktikan bahwa konteks pemberdayaan masyarakat melalui PNPM Mandiri Perdesaan yang walaupun telah berakhir pada priode  tahun 2014-2015, masih bias menunjukan keberhasilan yang positif dari dampak Program PNPM MP bahwa masyarakat diajak berpikir untuk mengetahuipermaslahan yang dihadapi dan bertindak untuk menyelesaikan permasalahan  yang ada di masyarakat tersebut dan selain itu Program PNPM MP juga mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan Pengelolaan Pembangunan dibidang Kesehatan , Pendidikan dan Kesehatan juga sosial Kemasyarakatan sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Kuningan MAS (Mandiri, Agamis, dan Sejahtera),” papar bupati.

Disamping Bupati berpesan agar UPK “Mekar Mandiri“ dapat bekerja sama dengan Pemerintahan Desa untuk dapat bekerjasama dalam permodalannya diberikan kepada UPK. Karena UPK juga  mampu membuktikan dengan kerja keras para Pelaku Program dapat mewujudkan pembangunan gedung ini dapat dimanfaatkan untuk pelayanan dan pengeloaan yang berasal dari program Eks PNPM Mandiri yaitu SPKP (simpan Pinjam Kelompok Perempuan yang dikelalo dari Program SPKP /UEP .

Kadis Pemberdayaan Masyarakat & Desa Kabupaten Kuningan Drs. Deniawan, M.Si bahwa Dana yang digulirkan oleh UPK Kuningan Berupa UEP/SPKP di 29 Kec. Mencapai 72 Milyar termasuk didalamnya UPK Mekar Mandiri Kec.Cigandamekar dapat dana yang digulirkan sekitar + 2,8 Milyar dari total Modal awal tahun 2009-2016 sekitar 1,7 , dapat menyalurkan Pinjaman dalam kegiatan pemberdayaan Masyarakat di Bidang ekonomi sehingga meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terutama indeks Daya Beli Masyarakat,

Camat Cigandamekar Muhamad Solihin,S.Sos, M.Si, menjelaskan UPK Mekar Mandiri mendapat peringkat the Best Ten (10 Besar) terbaik dari dari 29 UPK se Kabupaten Kuningan, berdasarkan laporan MAD LPJ KELEMBAGAAN T.A. 2016 bahwa Program BLM GSC dari tahun 2007-Desember 2016, total BLM Rp.7,525.000dan mendapatkan alokasi Bantuan ke Masyarakat GSC T.A. 2016 175 juta juga Program PNPM MP  dri tahun 2009 s/d berakhir Desember 2014-2016.

Total BLM dri KPPn  Rp. 7.517.900.000,- DDUB 469.000.000  dan UPK Kec. Cigandamekar dapat Surplus TA 2016, sebagai MAD LPJ KELEMBAGAAN T.A. 2016  ketua UPK “Mekar Mandiri” Berdarakan Menyampaikanm  Surplus Tahun ini  Sekitar + Rp.  221,372,414.

Alhamdulillah Pengurus UPK dan BKAD bersama kelembagaan lainnya berkomitmen untuk dapat melestarikan asset Eks PNPM mandiri ini dengan adanya Pedoman PERBUP No. 20 tahun 2015 ttg Pelestarian Hasil Program PNPM MP ini berjalan dengan baik dan Pemerintah derah akan terus berupaya memberikan perhatian terhadapa Peningkatan Kinerja UPK dan Asset eks PNPM  MP terutama Perguliran SPKP/ UEP baik pembinaan , maupun regulasi dari Pemerintah Pusat yang mengatur ttg UPK, sekali lgi Bupati Berharap dan menghimbau kepada Jajaran Pemerintah Kepala Desa ,agar dapat menginvetasikan Modalnya bekerja sama dengan UPK se-kabupaten Kuningan.(Oman Abdurahman/UPK Mekar Mandiri/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Bupati Kuningan Resmikan Kantor UPK Mekar Mandiri Cigandamekar Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan